NEWSTICKER
Ilustrasi-Antara/SYAIFUL ARIF
Ilustrasi-Antara/SYAIFUL ARIF

Beberapa Langkah Melakukan Social Distancing

Rona balai karantina virus corona covid-19 beda isolasi, karantina, dan social distancing social distancing
Kumara Anggita • 16 Maret 2020 15:20
Jakarta: Virus corona atau covid-19 bisa menyebar di mana saja. Ada yang di tangan, di pegangan kereta, pulpen, kursi dan lain-lain. Tanpa disadari saat Anda berkeliaran di luar, Anda menyentuhnya dan membantu penyebaran.
 
Tentu hal ini adalah hal yang ingin dihindari. Karena itu, social distancing menjadi ide yang baik untuk dicoba.
 
Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDD), social distancing adalah upaya mengurangi kontak jarak dekat dengan banyak orang. Baik di dalam atau di luar ruangan. Sebisa mungkin Anda tidak menyentuh orang banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk lebih jelasnya, ada beberapa langkah untuk menerapkan social distancing. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Forbes:

-Jangan mengadakan atau menghadiri acara besar

Acara besar yang mengundang banyak orang membuat Anda jadi berdekatan dan bahkan berdempetan dengan orang-orang yang bisa jadi sedang membawa virus corona dalam tubuhnya. Untuk itu, bila tidak terlalu penting, tahan dulu untuk menghadiri acara-acara seperti ini. Cobalah berada pada pertemuan dengan orang yang sedikit dan tidak sakit.

-Berhati-hati pegang pulpen atau hal-hal semacamnya

Saat ke bank atau tanda tangan masuk ke dalam acara, biasanya Anda perlu memegang pulpen yang sebelumnya dipegang oleh berbagai orang. Tak hanya pulpen, ini juga berlaku pada barang-barang lainnya seperti gagang pintu, pegangan di kereta, tombol lift, dan masih banyak lagi.
 
Bila Anda harus memegangnya, setidaknya Anda langsung mencuci tangan dengan air dan sabun atau pembersih dengan bahan dasar beralkohol.

-Jangan bersalaman, memeluk, dan mencium

Ketiga hal ini biasa dilakukan untuk menunjukkan rasa kedekatan satu sama lain. Namun karena virus korona menular melalui percikan batuk atau bersin yang entah menempel di tubuh orang lain, maka usahakan untuk tidak melakukannya dulu. Teman Anda pasti juga akan mengerti.

-Hindari area ramai dalam sebuah ruangan

Memang keramaian itu memiliki daya tarik tersendiri, namun untuk saat ini lebih baik Anda menghindarinya. Jadilah strategis saat memasuki lokasi apa pun. Cari area yang lebih kosong. Jaga jarak dengan siapa pun di luar sana.

-Berada di rumah sebisa mungkin

Cara paling sederhana dan paling tak berisiko adalah dengan berada di rumah untuk sementara. Pastikan orang yang ada di rumah juga tidak terinfeksi.
 
Selain itu, orang di rumah juga melakukan langkah-langkah pencegahan corona seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, mandi setelah dari luar, tidak menyentuh mata, mulut, dan hidung.
 
Social distancing memang bukanlah hal yang mudah mengingat kita adalah makhluk sosial. Namun hal ini bisa sangat membantu para tim medis agar jumlah pasien tidak membeludak.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif