Apa yang harus dilakukan jika Anda direndahkan orang lain? Berikut jawaban Psikolog Efnie Indrianie. (Foto: Pexels.com)
Apa yang harus dilakukan jika Anda direndahkan orang lain? Berikut jawaban Psikolog Efnie Indrianie. (Foto: Pexels.com)

Apa yang Terjadi Bila Seseorang Terus Direndahkan?

Rona psikologi kesehatan mental
Kumara Anggita • 23 September 2020 15:52
Jakarta: Dalam hidup setiap orang pasti pernah mengalami pengalaman direndahkan entah karena fisiknya, kemampuan, atau perilakunya. Namun, apa yang terjadi bila seseorang menerima perlakuan ini terus menerus?
 
Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi. dari Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung menjelaskan bahwa ketika orang direndahkan secara berkelanjutan, dia kemungkinan akan kehilangan kepercayaan diri. Kepercayaan diri ini adalah bagian penting dalam menjalani kehidupan.
 
“Jika direndahkan terus menerus maka bisa menjadi pemicu “self esteem” yang rendah. Self esteem merupakan rasa berharga pada diri. Jika seseorang sudah merasa dirinya tidak berharga maka motivasinya akan turun,” ujarnya saat dihubungi Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan bila ini terjadi, ada cara yang bisa dilakukan agar kepercayaan diri itu tidak jatuh. Menurut Efnie, kuncinya adalah memiliki konsep diri yang positif.
 
“Self concept merupakan pengetahuan kita tentang diri kita sendiri, yaitu pengetahuan kita tentang potensi dan kemampuan. Jadi, meskipun kita direndahkan tapi jika kita memiliki pengetahuan bahwa kita memiliki potensi tertentu maka perlahan kita akan bangkit dan maju,” paparnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif