Migrain sering salah didiagnosis sebagai sakit kepala sinus. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Migrain sering salah didiagnosis sebagai sakit kepala sinus. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Sakit Kepala Sinus dan Pencegahannya

Rona migrain sinusitis
Timi Trieska Dara • 13 Januari 2020 10:00
Jakarta: Jika Anda menderita sakit kepala, tetapi bukan sakit kepala biasa, mungkin itu akibat sinus. Banyak orang tidak dapat membedakan sakit kepala sinus dengan migrain. Sakit kepala sinus ditandai dengan sakit yang dalam di tulang pipi, pangkal hidung, dan di dahi bagian bawah.
 
Sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengobati sendiri, penting untuk mengetahui bahwa migrain sering salah didiagnosis sebagai sakit kepala sinus karena gejalanya hampir sama.

Apa itu sakit kepala sinus dan apa penyebabnya?

Maggie O'Neill dalam Health menerangkan, "Biasanya, sakit kepala sinus berasal dari infeksi virus atau suatu kondisi yang disebut sinusitis," kata Clifford Bassett, MD, seorang ahli alergi dan juru bicara Yayasan Asma dan Alergi Amerika yang berbasis di New York.
 
Sinusitis adalah hasil dari peradangan pada jaringan yang melapisi sinus Anda, yang merupakan rongga berisi udara di dahi, tulang pipi, dan di belakang jembatan hidung. Nyeri pada area tersebut pada dasarnya adalah apa yang disebut "sakit kepala sinus."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masalahnya, migrain sering salah didiagnosis sebagai sakit kepala sinus, kata Isaac Namdar, MD, seorang ahli THT di Mount Sinai West di New York. 
 
Artinya, satu-satunya cara yang benar untuk menentukan apakah Anda menderita sakit kepala sinus atau migrain adalah dengan diperiksa oleh dokter, khususnya ahli alergi atau ahli THT. Ini dapat terjadi melalui pemeriksaan fisik atau dokter juga dapat melihat sinus Anda melalui endoskopi hidung.
 
Dr Bassett menambahkan selain itu, sakit kepala sinus sering dikaitkan dengan alergi, dan tidak seharusnya demikian. "Ini bukan gejala secara umum karena alergi musiman dan/atau sepanjang tahun."
 
Sakit Kepala Sinus dan Pencegahannya
(Periksa ke dokter untuk mendapatkan diganosa yang paling benar apakah migrain atau sinus yang Anda derita. Foto: Pexels.com)

Bagaimana rasanya sakit kepala sinus?

Sekali lagi, karena penempatan sinus Anda, "rasa sakitnya ada di atas mata, di antara mata, atau di atas tulang pipi," kata Dr. Namdar. Selain rasa sakit itu, pasien mungkin juga merasakan "kelembutan (lunaknya) pada sinus yang terkena," kata Dr Bassett.
 
Gejala sakit kepala sinus selain itu, "drainase postnasal, mampet,  meler, serta sakit mulut, wajah atau gigi dapat terjadi dengan infeksi, seperti sinusitis," tambah Dr Bassett.
 
Dan, yang menarik, tingkat keparahan sakit kepala sinus mungkin berbeda tergantung pada waktu hari. "Beberapa penderita mengatakan sakit kepala mereka mungkin lebih signifikan di awal hari (mungkin karena pengumpulan lendir sejak malam hari)," kata Dr Bassett.
 
Jika Anda pilek, demam, bau mulut (perubahan bau mulut dari biasanya), Anda kemungkinan menderita migrain daripada sakit kepala sinus, menurut American Migraine Foundation. Jika Anda sering menderita sakit kepala dan tidak yakin apa yang menyebabkannya, sebaiknya temui dokter.

Bagaimana cara mengobati sakit kepala sinus dan cara pencegahannya?

Setelah seorang dokter menyimpulkan bahwa Anda menderita sakit kepala sinus, secara khusus, pilihan perawatan bervariasi. Namdar mengatakan menggunakan larutan garam hidung, seperti Neti Pot, dapat membantu. Dia menambahkan, "Beberapa orang menggunakan anti-inflamasi (semacam obat) Flonase." 
 
Selain itu, mengambil pembersih udara untuk rumah Anda dapat membantu jika Anda menderita sakit kepala sinus, dan jika sakit kepala sinus berasal dari infeksi bakteri, antibiotik dapat digunakan untuk mengobati masalah ini.
 
Adapun unsur nyeri, Dr Namdar mengatakan pasien dapat minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan acetaminophen untuk sakit kepala bagian dari sakit kepala sinus mereka.
 
Meskipun Anda tidak dapat mencegah sakit kepala karena sinusitis, Anda dapat melakukan yang terbaik untuk mencegah infeksi virus. Mencuci tangan dengan sabun dan air dengan bersih sering kali merupakan awal yang baik, bersama dengan berusaha untuk tidak menyentuh hidung, mulut, dan mata Anda ketika tangan Anda tidak bersih. 
 
Mengonsumsi sayuran yang cukup dan tidur yang cukup juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, yang berarti Anda mudah sakit.
 
Tetapi paling penting, pastikan pergi ke dokter jika Anda mencurigai Anda menderita sakit kepala sinus. Hanya seorang profesional medis yang dapat mendiagnosis, atau memberi tahu Anda bahwa sesuatu yang lain (seperti migrain kronis) mungkin sedang terjadi dan merekomendasikan langkah selanjutnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif