Oatmeal menawarkan sejumlah manfaat kesehatan dan bisa menjadi makanan yang baik bagi penderita diabetes, selama porsinya terkontrol--Pexels
Oatmeal menawarkan sejumlah manfaat kesehatan dan bisa menjadi makanan yang baik bagi penderita diabetes, selama porsinya terkontrol--Pexels

Pro dan Kontra Oatmeal untuk Penderita Diabetes

Rona diabetes
Sunnaholomi Halakrispen • 21 Juni 2019 14:54
Sebagian orang menganggap konsumsi Oatmeal bagi penderita penderita mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun Ada juga yang menyebutkan hal itu dapat merugikan penderita diabetes.
 

Jakarta: Diabetes merupakan kondisi metabolisme yang memengaruhi cara tubuh memproduksi atau menggunakan insulin. Kondisi ini membuat gula darah yang sangat penting bagi kesehatan penderita diabetes menjadi sulit dipertahankan.
 
Saat mengelola gula darah, penting untuk mengontrol jumlah karbohidrat yang dimakan karena karbohidrat secara langsung memengaruhi gula darah. Penting juga untuk memilih jenis karbohidrat padat nutrisi dari pada karbohidrat olahan dan olahan dengan tambahan gula.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asupan karbohidrat harus ditentukan secara individual dengan bantuan penyedia layanan kesehatan Anda. Ini berarti bahwa apa yang Anda makan sangat penting. Makan makanan yang tinggi serat dan nutrisi tetapi rendah lemak dapat membantu menjaga kadar gula darah yang sehat, serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
 
Dilansir dari healthline, Oatmeal menawarkan sejumlah manfaat kesehatan dan bisa menjadi makanan yang baik bagi penderita diabetes, selama porsinya terkontrol. Satu cangkir oatmeal yang dimasak mengandung sekitar 30 gram karbohidrat dapat masuk ke dalam rencana makan sehat untuk penderita diabetes.
 
Menambahkan oatmeal ke dalam diet Anda untuk membantu mengelola diabetes memiliki penilaian pro dan kontra. Anda boleh menambahkan oatmeal ke diet diabetes Anda.
 
Ini dapat membantu mengatur gula darah, berkat kandungan serat sedang hingga tinggi dan indeks glikemik rendah. Juga menyehatkan jantung karena kandungan seratnya yang larut dan faktanya itu bisa menurunkan kolesterol.
 
Selain itu, dapat mengurangi kebutuhan akan suntikan insulin ketika dimakan di tempat makanan kaya karbohidrat lainnya. Jika dimasak terlebih dahulu, itu bisa menjadi makanan yang cepat dan mudah.
 
Sedangkan, pemikiran kontra oatmeal untuk diabetes, dinilai tidak memiliki banyak kontra. Mengonsumsi oatmeal dapat menjadi masalah jika Anda memilih untuk mengonsumsi oatmeal versi tertentu yang instan.
 
Lalu, penyajian oatmeal yang sarat dengan gula, perasa buatan, dan atau mengonsumsi terlalu banyak oatmeal dalam satu waktu. Oatmeal dapat memiliki efek negatif bagi mereka yang juga menderita gastroparesis yang bisa memperparah kondisi tubuh saat melakukan penundaan pengosongan lambung.
 
Bagi mereka yang menderita diabetes dan gastroparesis, serat dalam oatmeal bisa berbahaya. Secara umum, jika Anda memiliki diabetes tetapi tidak memiliki gastroparesis, ada sejumlah kontra terbesar menambahkan oatmeal ke dalam diet Anda.
 
Di antaranya, kembung karena kandungan seratnya yang tinggi. Ini dapat dikurangi dengan minum air saat Anda makan. Perut kembung karena kandungan seratnya.
 
Minum air sambil makan juga dapat membantu mengurangi perut kembung. Menambahkan bahan-bahan lain ke dalam oatmeal instan atau membeli paket-paket instan yang mengandung tambahan gula, pemanis, atau perasa tambahan bisa berbahaya bagi diet diabetes.
 
Oatmeal bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet Anda untuk membantu mengelola diabetes. Namun, itu harus disiapkan dengan benar. Saat menambahkan oatmeal ke dalam diet diabetes Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat untuk mempertahankan manfaat kesehatan yang ditawarkan oatmeal.
 
Anda boleh menambahkan kayu manis, kacang, atau beri, ke dalam racikan oatmeal. Makanlah dengan protein atau lemak sehat seperti telur, kacang-kacangan, atau yogurt Yunani. Jangan mengonsumsi oatmeal yang sudah dikemas atau instan, menambahkan terlalu banyak buah kering atau pemanis, juga krim.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif