Bagi Anda yang memasukkan pola makan dan hidup sehat sebagai resolusi di 2019, ada beberapa ide yang dapat Anda lakukan. (Foto: Franciele Cunha/Unsplash.com)
Bagi Anda yang memasukkan pola makan dan hidup sehat sebagai resolusi di 2019, ada beberapa ide yang dapat Anda lakukan. (Foto: Franciele Cunha/Unsplash.com)

Lima Tips Hidup Lebih Sehat di 2019

Rona resolusi
Torie Natalova • 02 Januari 2019 20:31
Jakarta: Tahun 2018 sudah berakhir dan kini saatnya membuat resolusi untuk tahun 2019. Bagi Anda yang memasukkan pola makan dan hidup sehat sebagai resolusi di 2019, ada beberapa ide yang dapat Anda lakukan.

1. Perhatikan asupan
Mulai perhatikan asupan kopi Anda. Ahli jantung Garth Graham merekomendasikan untuk menukar satu cangkir kopi sehari dengan segelas air putih.

Beberapa cangkir kopi dalam sehari dapat memberikan efek negatif pada kesehatan. Salah satu contohnya yakni terlalu banyak kopi dan minuman kafein lainnya, dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



2. Atasi masalah kesehatan
Segera atasi gejala masalah kesehatan. Dokter umumnya akan mengobati penyakit dengan gejala seperti kelelahan, penambahan berat badan, siklus haid yang tak teratur dan insomnia tanpa mendiagnosis penyebabnya. Banyak masalah kesehatan berasal dari mikrobioma yang tidak sehat. Olahraga dan pola makan sehat serta mengonsumsi suplemen tiap hari dapat meningkatkan kesehatan mikrobioma tubuh.


(Salah satu resolusi sehat yang bisa Anda lakukan antara lain mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak. Foto: Lex Sirikat/Unsplash.com)

(Baca juga: Resolusi Tahun Baru Dimulai dari Dalam Diri)

3. Probiotik
Mulai minum probiotik dan prebiotik setiap hari. Probiotik dan prebiotik dapat menyeimbangkan mikrobioma dalam tubuh yang akan mengurangi gejala dari masalah kesehatan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindari dari penyakit.

4. Kesehatan kulit
Gunakan pelindung sinar matahari setiap hari. Dokter Kulit Tsippora Shainhouse menekankan pentingnya memakai tabir surya setiap hari, tidak hanya ketika Anda pergi ke pantai.

Sinar UV dapat melewati kaca jendela yang tanpa disadari dapat mengenai kulit. Ini akan mengurangi risiko terkena kanker kulit dan mencegah flek hitam di wajah.

5. Konsumsi sayur dan buah
Makan lebih banyak buah-buahan dan sayuran. Ganti makanan olahan tinggi garam dan karbohidrat dengan makanan yang lebih sehat. Perbanyak sayuran, buah, biji-bijian dan protein rendah lemak.




(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi