Kurang tidur juga bisa membuat Anda terkena berbagai jenis penyakit kronis di kemudian hari. (Ilustrasi/Pexels)
Kurang tidur juga bisa membuat Anda terkena berbagai jenis penyakit kronis di kemudian hari. (Ilustrasi/Pexels)

Efek yang Ditimbulkan jika Kurang Tidur

Rona tidur
Raka Lestari • 25 September 2020 17:06
Jakarta: Kurang tidur tidak hanya membuat Anda mengantuk dan tidak bersemangat selama seharian, tetapi juga bisa memiliki efek lainnya yang mungkin tidak Anda sadari. Kurang tidur juga bisa membuat Anda terkena berbagai jenis penyakit kronis di kemudian hari.
 
Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah efek yang terjadi pada tubuh Anda ketika kurang tidur:

Anda akan sakit 

Kurangnya waktu tidur dapat membuat kemampuan tubuh melawan penyakit berkurang. Hal ini tentu akan membuat Anda menjadi lebih mudah terserang penyakit. Kurang tidur juga berkaitan dengan melemahnya sistem imunitas tubuh, yang sangat berperan dalam mencegah masuknya berbagai macam penyakit pada tubuh.

Mengganggu kesehatan jantung

Menurut sebuah analisis yang dipublikasikan dalam European Heart Journal menemukan bahwa waktu tidur yang tidak cukup (kurang dari 5 jam per hari) dan waktu tidur yang terlalu lama (lebih dari 9 jam per hari) dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung. Kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung coroner atau stroke jika mengalami kurang tidur yang kronis.

Meningkatkan risiko kanker 

Menurut American Academy of Sleep Medicine, kurang tidur dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker payudara, usus besar, dan prostat. Kabar baiknya, baik wanita dan pria yang memiliki waktu tidur lebih dari 7 jam per malam dapat mengurangi risiko tersebut.

Mengganggu kemampuan berpikir

Kurangnya waktu tidur, sekalipun hanya satu malam dapat mengembangkan risiko untuk mengalami gangguan berpikir. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam Experimental Brain Research, menemukan bahwa fungsi otak seperti memori, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah dapat berkaitan dengan jumlah tidur yang cukup.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif