Berikut alasan-alasan mengapa berat badan tidak turun walau ke gym setiap hari. (Foto: Pexels.com)
Berikut alasan-alasan mengapa berat badan tidak turun walau ke gym setiap hari. (Foto: Pexels.com)

Alasan Berat Badan Tidak Turun Walau ke Gym Tiap Hari

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 24 Mei 2019 09:00
Bingung ke gym setiap hari tapi berat badan turun naik? Mungkin salah satu penyebabnya adalah Anda terlalu memfokuskan seluruh energi mereka untuk membakar kalori tanpa mempertimbangkan apa yang mereka masukkan pada tubuh.
 

Jakarta: Keringat yang mengalir saat di gym memotivasi Anda untuk terus menggerakkan tubuh. Ini karena, tubuh ideal impian Anda seakan sebentar lagi akan Anda dapatkan.
 
Namun, saat menimbang angka yang ditampilkan jauh dari ekspektasi. Ini membuat frustasi. Jangan menyerah dulu, bisa jadi ada kesalahan yang bisa Anda perbaiki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut alasan-alasan mengapa berat badan tidak turun yang dilansir dari Health

1. Anda makan makanan yang salah

Beberapa orang memfokuskan seluruh energi mereka untuk membakar kalori tanpa mempertimbangkan apa yang mereka masukkan pada tubuh. Diet setidaknya kunci dari 80 persen dari pertempuran. Ketahulilah makanan yang tepat bagi tubuh atau faktor-faktor lainnya.
 
Jika Anda mau makan karbo, cobalah pada hari-hari di mana Anda lagi berolahraga keras. Pada hari istirahat atau hari kardio ringan coba berpegang pada protein dan sayuran saja. Hindari konsumsi roti atau nasi berlebih, gula atau apapun yang diproses.

2. Anda makan terlalu banyak

Untuk mengurangi berat badan, tubuh Anda perlu menjalankan defisit kalori, yang berarti Anda perlu membakar lebih banyak daripada yang Anda konsumsi. Ini bukan berarti Anda tidak makan apa-apa. Hidup tentang keseimbangan.
 
Anda boleh makan kapan saja. Namun cobalah makan dengan lambat sehingga Anda bisa menghentikannya sebelum kenyang. Coba juga untuk mengemil sehat di siang hari sehingga Anda tidak makan berlebihan di kemudiannya. Jangan takut juga untuk sesekali makan apa yang ingin Anda makan.
 
Alasan Berat Badan Tidak Turun Walau ke <i>Gym</i> Tiap Hari
(Bingung ke gym setiap hari tapi berat badan turun naik? Mungkin salah satu penyebabnya adalah Anda terlalu memfokuskan seluruh energi mereka untuk membakar kalori tanpa mempertimbangkan asupan. Foto: Pexels.com)

3. Terlalu banyak kardio

Sesi kardio yang lebih lama seperti tetap di elips selama 90 menit atau berjalan 10 mil secara teratur dapat menggerogoti massa otot yang penting untuk meningkatkan metabolisme Anda untuk membakar lebih banyak kalori. 
 
Ini menyebabkan tubuh menjadi lebih berfokus pada daya tahan, menyimpan energi sebagai lemak untuk memastikan ia memiliki banyak bahan bakar cadangan.

4. Anda tidak mengangkat beban

Jika Anda gemar untuk kardio maka sah-sah saja tapi jika tujuan utama Anda adalah mengurangi lemak, ada beberapa bentuk latihan lain yang memberikan hasil yang jauh lebih baik. 
 
Cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan membangun otot tanpa lemak dengan melakukan beberapa bentuk latihan kekuata. Semakin banyak otot yang dimiliki tubuh Anda, semakin banyak lemak yang akan Anda bakar.

5. Anda tidak istirahat 

Pemulihan dan istirahat seringkali lebih penting daripada latihan itu sendiri. Selama periode-periode itulah tubuh Anda melakukan sebagian besar pembakaran lemak yang sebenarnya. 
 
Jadi berikan diri Anda waktu itu untuk pulih sepenuhnya sehingga Anda siap bekerja keras pada hari berikutnya. Yang terpenting, dengarkan tubuh Anda. Dorong dirimu, tetapi juga berikan sedikit pengertian juga.

6. Tubuh Anda stres

Tidak memberi tubuh Anda cukup waktu untuk pulih membuat tubuh Anda memproduksi kortisol dalam jumlah berlebihan (hormon stres). Kortisol normal dan penting ketika berolahraga, itu terlibat dalam proses yang memberi otot Anda energi yang dibutuhkan untuk bergerak.
 
Namun, ketika tubuh Anda terpapar kortisol untuk jangka waktu yang lebih lama, itu mulai menimbulkan efek negatif, seperti lemak membandel di daerah yang tidak Anda inginkan.
 
Pastikan Anda menjaga kesehatan mental dan emosional Anda sebagai tambahan selain kesehatan fisik Anda. Anda harus berjuang untuk kesehatan total tubuh.
 
Itulah penyebab angka di timbangan Anda tak kunjung mengecil. Coba untuk lebih bersabar, dan lakukan kebiasaan baru yang mungkin akan memberikan hasil yang lebih terlihat.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif