NEWSTICKER
Salah satu tanda yang mungkin bisa terlihat adalah bayi yang lebih banyak tertidur ketika mereka sedang sakit. (Ilustrasi/Pexels)
Salah satu tanda yang mungkin bisa terlihat adalah bayi yang lebih banyak tertidur ketika mereka sedang sakit. (Ilustrasi/Pexels)

Penyebab Bayi Tidur Lebih Sering ketika Sedang Sakit

Rona bayi tidur bayi
Raka Lestari • 25 Februari 2020 06:04
Jakarta: Beberapa gejala yang mungkin terlihat ketika anak sedang sakit diantaranya adalah tatapan mata yang sayu, kurangnya nafsu makan, dan tingkat energi mereka yang menurun. Salah satu tanda yang mungkin bisa terlihat adalah bayi yang lebih banyak tertidur ketika mereka sedang sakit. Namun apakah memang bayi selalu lebih sering tertidur ketika sakit?
 
“Selama tidur, tubuh kita menyembuhkan. Sehingga sangat penting sekali untuk memberikan waktu bagi bayi dan anak-anak untuk melakukannya,” jelas seorang dokter anak, Dr Tanya Altmann seperti dilansir romper,
 
Jika mereka bangun di tengah malam, lanjutnya, jangan ragu untuk membujuk anak Anda agar mereka bisa tidur kembali. "Tidur sangat baik agar anak-anak merasa lebih baik dan dapat membantu melawan penyakit,” terangnya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sama seperti orang dewasa yang juga membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibandingkan biasanya, bayi dan anak-anak juga cenderung lebih sering mudah mengantuk ketika mereka sakit. Namun sayangnya, hal itu tidak terjadi pada malam hari. 
 
Bayi Anda mungkin kurang tidur ketika sakit karena mereka merasa kurang nyaman, namun peningkatan jam tidur dapat memperbaikinya “Seringkali ketika penyakitnya mereda dan gejala-gejala seperti demam berkurang, maka Anda akan melihat bayi lebih banyak tidur,” ujar Dr Cindy Holt, seorang dokter anak.
 
“Mungkin beberapa orang tua merasa khawatir ketika anak lebih banyak tidur, tetapi itu hanya respons alami tubuh terhadap proses pemulihan,” ucapnya.
 
Anak-anak yang sedang sakit biasanya akan menunjukkan pertanda ketika mereka sedang lelah. Sehingga orang tua dapat memahami isyarat tersebut untuk mencari tahu kapan mereka butuh waktu istirahat tambahan. 
 
“Ketika bayi dan anak-anak sedang sakit, mereka biasanya akan tidur ketika mereka membutuhkannya, yang biasanya terjadi pada siang hari,” ujar Dr Altmann.
 
Dan terkadang ketika mereka tidak nyaman maka akan sulit juga untuk tertidur. "Biasanya yang dibutuhkan adalah tindakan yang menenangkan seperti menggoyang-goyangkan mereka secara pelan. Jika mereka tampak lelah, maka usahakan untuk tidur lebih awal,” paparnya.
 
Bayi akan sembuh melalui tidur sehingga penting bagi mereka mendapatkan cukup waktu tidur, saran Holt. Untuk itu, jika bayi atau anak Anda sudah terlihat lelah meskipun belum waktu tidurnya maka ajaklah mereka untuk segera tertidur atau dengan menambahkan tidur siang tambahan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif