NEWSTICKER
PMS terjadi karena beberapa hal seperti gangguan keseimbangan hormon, terutama terkait dengan estrogen dan progresteron. (Foto: Pexels.com)
PMS terjadi karena beberapa hal seperti gangguan keseimbangan hormon, terutama terkait dengan estrogen dan progresteron. (Foto: Pexels.com)

PMS Tanda Anda Subur

Rona premenstrual syndrome (pms)
Kumara Anggita • 16 Februari 2020 14:00
Jakarta: Premenstrual syndrome (pms) adalah suatu kondisi di mana fisik dan emosi Anda dalam keadaan tidak nyaman sebelum menstruasi. Ini bisa ditandai dengan jerawat, nyeri kepala, mudah emosi, perut kembung, depresi, mudah menangis, mudah lapar dan masih banyak lagi.
 
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah, Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.sc menyebutkan bahwa Anda tak perlu khawatir karena hampir semua perempuan mengalaminya. Sebanyak 80-90 persen perempuan mengalami PMS.
 
Hal ini terjadi karena beberapa hal seperti gangguan keseimbangan hormon, terutama terkait dengan estrogen dan progresteron, adanya fluktuasi yang bersifat ireguler, sres, defisiensi zat tertentu, diet (natrium, alkohol, kafein).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Stres itu kontribusi meningkatkan nyeri makanya kalau sudah dapat pasien nyeri luar biasa, saya tak atasi sendiri tapi saya libatkan psikiater. Salah satu cara melatih orang PMS adalah dengan melakukan distraction. Mengalihkan perhatian dari nyeri ke kondisi-kondisi di sekitarnya relatif bisa membantu,” ujarnya di Jakarta.
 
PMS Tanda Anda Subur
(Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah, Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.sc. Foto: Dok. RSPI Group)
 
Kabar baiknya, PMS adalah pertanda Anda subur. Ini karena PMS berkaitan dengan hormon.
 
“PMS itu diakibatkan dinamika dari hormon. Kalau hormonnya sangat dinamis, ini menunjukkan adanya kesuburan tapi kalau flat justru tak subur. Sebanyak 80-90 persen perempuan mengalami PMS karena dinamika hormon. Dan dinamika hormon itu normal. Namun respons fisik dan kilinis dari orang itulah yang menjadi masalah,” ujarnya.
 
Namun, Anda juga perlu periksa jika PMS ini berlangsung secara berlebihan. PMS adalah gangguan menatruasi yang dapat berpotensi mengganggu kualitas hidup seorang perempuan. Karena itu, diperlukan tatalaksana yang serius. 
 
Ada baiknya jika PMS sudah membuat Anda tak nyaman betul konsultasikan ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi di beberapa rumah sakit, seperti RSCM, Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah atau fasilitas kesehatan terdekat dari rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif