(Foto: Huffington Post)
(Foto: Huffington Post)

Bolehkah Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter?

Rona kesehatan
Nia Deviyana • 12 Juli 2016 13:58
medcom.id, Jakarta: Sebuah studi di Texas menemukan, jumlah penggunaan antibiotik tanpa pengawasan dokter semakin meningkat dari tahun ke tahun. Padahal, ada peringatan bahwa menggunakan obat tersebut secara berlebihan membuat bakteri menjadi kebal.
 
"Banyak orang sebenarnya hanya sakit tenggorokan, pilek, dan batuk, tapi minum antibiotik. Itu penyakit yang bisa sembuh tanpa bantuan antibiotik," kata Dr Lisa Grigoryan dari Baylor College of Medicine, Houston.
 
Selain membuat bakteri menjadi kebal, penggunaan antibiotik tanpa resep dokter memicu masalah kesehatan baru, seperti gangguan usus, diare, dan sebagainya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk penelitian ini, Dr Lisa melakukan survei terhadap 400 partisipan dewasa yang dirawat di klinik di wilayah Houston. Dari partisipan tersebut, 5 persen mengaku menggunakan antiobiotik tanpa resep selama satu tahun terakhir.
 
Dr Lisa juga menemukan, 1 dari 4 pasien mengaku menggunakan antibiotik, meskipun tanpa resep dokter. Mereka percaya, antibiotik dapat membunuh kuman-kuman penyakit.
 
Secara keseluruhan, 14 persen partisipan mengaku memiliki persediaan antibiotik di rumah mereka. Antibiotik bisa dengan mudah diperoleh karena dijual bebas di apotek.
 
Penelitian juga menemukan, orang-orang dengan pendidikan rendah, dan orang-orang muda lebih sering menggunakan antibiotik tanpa resep dokter.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif