Konsumsi sayur-sayuran membantu kelancaran buang air besar. Dan tentunya ini pada akhirnya bisa mengurangi potensi berkembangnya kanker. (Ilustrasi/Pexels)
Konsumsi sayur-sayuran membantu kelancaran buang air besar. Dan tentunya ini pada akhirnya bisa mengurangi potensi berkembangnya kanker. (Ilustrasi/Pexels)

Konsumsi Sayuran ini untuk Hindari Risiko Kanker Usus Besar

Rona kanker usus besar
Kumara Anggita • 03 September 2020 11:34
Jakarta: Salah satu cara untuk menghindari usus kanker besar adalah dengan memiliki gaya hidup yang sehat. Ini bisa dimulai dari mengonsumsi sayur-sayuran yang baik untuk pencernaan.
 
Namun, sayuran macam apa ya yang perlu kita konsumsi? Menurut Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP yang merupakan Guru Besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo sekaligus Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastro EnteroHepatologi, tidak ada sayuran khusus yang harus dikonsumsi. Namun, ia menyarankan agar Anda memakan sayuran yang tidak memicu timbulnya penyakit di pencernaan itu sendiri. 
 
"Tapi prinsipnya adalah sayuran-sayuran itu yang tidak menganggu mag (kalau ada penyakit mag). Misalnya kol dan sawi harus dihindari,” paparnya dalam Instagram Live ‘Apa Kata Dokter: Kenali Gejala Kanker Usus Besar di Era Pandemi’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tapi kalau bayam, kangkung, daun singkong, buncis, kacang-kacangan silahkan dikonsumsi karena itu merupakan faktor-faktor yang mengurangi risiko,” lanjutnya.
 
Menurutnya konsumsi sayur-sayuran membantu kelancaran buang air besar. Dan tentunya ini pada akhirnya bisa mengurangi potensi berkembangnya kanker. 
 
“Buang air besar dibikin lancar. Kita tahu serat tidak larut akan menarik zat-zat yang tak berguna. Kalau ada zat-zat tak berguna itu ada di usus besar maka akan menyebabkan peradangan. Akhirnya timbul polip, dan akhirnya timbul kanker,” ujarnya.
 
Jadi, jangan lupa lagi untuk menambahkan sayur-sayuran pada konsumsi harian Anda ya!
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif