Selain untuk menambah rasa pada masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Ilustrasi/Pexels)
Selain untuk menambah rasa pada masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. (Ilustrasi/Pexels)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Rona Bawang Putih
Raka Lestari • 30 September 2020 17:55
Jakarta: Selain untuk menambah rasa pada masakan, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih juga mudah didapatkan, serta dipadukan dengan berbagai masakan, Anda bisa dengan mudah menemukan bawang putih dimana saja.
 
Berikut ini adalah lima manfaat kesehatan dari mengonsumsi bawang putih, seperti dilansir Insider:

Kaya akan nutrisi

Satu suing bawang putih mentah mengandung 14 kalori, 0,57 gram protein, dan sekitar 3 gram karbohidrat. Meskipun bentuknya kecil, bawang putih mengandung vitamin dan nutrisi seperti vitamin C, Selenium, Mangan, dan Zat besi.
 
Akan tetapi, menurut Tom Holland, MD, seorang ahli kedokteran di University Medical Center menyarankan untuk mengonsumsi maksimal 2 siung bawang putih setiap harinya.

Meningkatkan sistem imun

Menurut sebuah tinjauan pada tahun 2015 di Journal of Immunology menemukan bahwa bawang putih dapat meningkatkan sistem imun dengan merangsang sel imun tubuh seperti makrofag dan limfosit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bawang putih juga dapat membantu menyembuhkan batuk dan pilek karena kandungan antimikroba dan antibiotik,” ujar Tracey Brigman, seorang ahli makanan dan nutrisi di University of Georgia.

Mengurangi risiko jenis kanker tertentu

“Bawang putih juga merupakan sumber fitokimia, yang dapat membantu dalam melindungi kerusakan sel, serta menurunkan risiko untuk terkena kanker tertentu,” kata Brigman.
 
Fitokimia merupakan senyawa yang ditemukan pada sayuran yang dikaitkan dengan berkurangnya risiko penyakit kronis.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Menurut studi pada tahun 2019 yang dipublikasikan pada Experimental and Therapeutic Medicine menemukan bahwa mengonsumsi 2 buah kapsul dari ekstrasi bawang putih selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. “”Bawang putih juga berpotensi melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan,” kata Brigman.

Baik dikonsumsi sebelum berolahraga

Bawang putih melepaskan nitrit oksida, senyawa yang dapat merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Senyawa ini biasanya dilepaskan ketika sedang berlarti untuk mensuplai lebih banyak oksigen agar otot bekerja maksimal.
 
Menurut Brigman, dalam memilih bawang putih sebaiknya dalam kondisi mentah dibandingkan yang sudah diolah atau sudah diberikan bahan tambahan lain.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif