Menurut sebuah studi 2018 di Food Research International, oat menghasilkan senyawa yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. (Ilustrasi/Pexels)
Menurut sebuah studi 2018 di Food Research International, oat menghasilkan senyawa yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. (Ilustrasi/Pexels)

Alasan Oatmeal Bagus untuk Sarapan Sehari-hari Anda

Rona sarapan
Kumara Anggita • 29 September 2020 08:38
Jakarta: Sarapan adalah hal yang penting untuk memulai hari. Ini karena dengan sarapan, Anda akan mendapatkan energi untuk memulai aktivitas dengan baik.
 
Karena itu, pastikan Anda mendapatkan sarapan yang bergizi namun tak berlebihan. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari makanan yang bernama oatmeal.
 
Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu memilih oatmeal antara lain:

Oatmeal kaya akan nutrisi

Dikutip dari The Healthy, setengah cangkir oat kering mengandung 4 gram serat pengisi yang merupakan 14 persen dari target minimum harian dan 5 gram protein nabati. Karbohidrat biji-bijian juga dikemas dengan spektrum vitamin dan mineral yang luas, termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B, dan sejumlah kecil kalsium dan kalium. Itu adalah kisaran yang mengesankan untuk satu makanan yang juga terjangkau dan mudah disiapkan.

Oatmeal menyediakan antioksidan

Menurut sebuah studi 2018 di Food Research International, oat menghasilkan senyawa yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.  Polifenol tampaknya mengurangi stres oksidatif pada tubuh. Ini membantu membatasi aktivitas molekul perusak yang disebut radikal bebas. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk alasan ini, polifenol terkait dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke, serta diabetes tipe 2 dan obesitas, menurut sebuah studi tahun 2017 di Oxidative Medicine and Cellular Longevity.

Oatmeal adalah makanan berserat yang baik

Jenis serat yang ditemukan dalam gandum yang disebut beta-glukan telah terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, dan mengurangi kolesterol dan konsentrasi gula darah, untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal Polandia Annals of Institut Kebersihan Nasional (Roczniki Panstwowego Zakladu Higieny).

Oatmeal membantu mengontrol berat badan

Memulai hari Anda dengan oatmeal dapat membantu mengontrol berat badan karena beberapa alasan. Oatmeal meningkatkan rasa kenyang, perasaan kenyang yang bertahan setelah makan.
 
Dalam sebuah studi tahun 2016, yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, para peneliti memberi makan sukarelawan jeruk dan oatmeal dalam jumlah yang sama. Setelah makan jeruk, orang-orang melaporkan merasa lebih lapar dan kurang puas dibandingkan setelah semangkuk oatmeal. Perasaan kenyang tersebut dapat mendukung berat badan yang sehat dengan membatasi konsumsi secara alami di kemudian hari.

Oatmeal melindungi kesehatan secara keseluruhan

Sebuah tinjauan penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan bahwa oatmeal dapat menurunkan risiko tidak hanya penyakit jantung tetapi semua penyebab kematian. 
 
Para peneliti menganalisis 16 studi untuk menemukan apakah diet yang menekankan makanan sehat tertentu dapat menambah tahun kehidupan seseorang dan  melihat 17 penelitian untuk melihat bagaimana makanan dapat melindungi dari penyakit kardiovaskular.
 
Para ilmuwan menemukan bahwa konsumsi biji-bijian, termasuk oatmeal khusus untuk sarapan, dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari semua penyebab, termasuk penyakit jantung.
 

 
(YDH)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif