Ada banyak alasan mengapa perut Anda mengalami kembung dan umumnya itu merupakan hal yang normal. Namun jika Anda mengalami kembung yang terus menerus sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis gastroenterologi. (Foto: Pexels.com)
Ada banyak alasan mengapa perut Anda mengalami kembung dan umumnya itu merupakan hal yang normal. Namun jika Anda mengalami kembung yang terus menerus sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis gastroenterologi. (Foto: Pexels.com)

Gejala Gastritis yang Perlu Anda Sadari

Rona gastritis
Raka Lestari • 23 Mei 2019 16:46
Gastritis adalah sekelompok penyakit yang menyebabkan radang di lapisan lambung. Gastritis dapat muncul secara mendadak atau biasa disebut dengan gastritis akut, atau berlangsung dalam waktu yang lama yang dikenal dengan nama gastritis kronis.
 

 
Jakarta: Jika perut Anda sakit atau merasakan sensasi terbakar, kemungkinan Anda mengalami gastritis. Gastritis bisa didiagnosis dengan melakukan endoskopi. Dan jika Anda selalu mengalami masalah yang terjadi secara berulang-ulang, sebaiknya periksakan diri Anda ke ahli gastroenterologi untuk memastikan yang terjadi pada perut Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutil dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa gejala awal dari gastritis:

1. Anda sering merasa kembung

Ada banyak alasan mengapa perut Anda mengalami kembung dan umumnya itu merupakan hal yang normal. Namun jika Anda mengalami kembung yang terus menerus sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.
 
Namun terkadang banyak orang yang menganggap bahwa kembung terjadi karena gastritis padahal kembung belum tentu karena gastritis, meskipun memang salah satu gejala gastritis adalah kembung.
 
Gejala Gastritis yang Perlu Anda Sadari
(Ada banyak alasan mengapa perut Anda mengalami kembung dan umumnya itu merupakan hal yang normal. Namun jika Anda mengalami kembung yang terus menerus sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis gastroenterologi. Foto: Pexels.com)

2. Sendawa berlebihan

Seseorang yang mengalami gastritis cenderung memiliki bakteri Helicobacter pylori yang berlebihan di usus. Dan menurut Mayo Clinic, infeksi bakteri tersebut merupakan salah satu penyebab utama terjadinya gastritis. Ketika perut menghasilkan asam untuk menghancurkan makanan, juga menghasilkan lendir untuk melindungi lapisan perut dari kerusakan.

3. Mudah merasa kenyang

Efek lain dari pertumbuhan bakteri H.pylori yang berlebihan dalam perut adalah rasa tidak nyaman atau perasaan kenyang di bagian bawah perut meskipun hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penumpukan gas, yang menyebabkan perut terasa kenyang yang bisa merupakan gejala gastritis.

4. Mengalami penurunan berat badan

Ketika Anda mudah merasa kenyang, maka asupan makanan dan kalori pun akan berkurang sehingga menyebabkan penurunan berat badan. Menurut ahli gastroenterologi Taruna Bhatia, MD, direktur medis hepatologi di CarePoint Health System, "Beberapa pasien tidak bisa makan seperti biasanya karena rasa tidak nyaman tersebut, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan."

5. Anda merasa mual

Bersamaan dengan sendawa dan kembung, infeksi bakteri H.pylori juga dapat menyebabkan rasa mual yang merupakan gejala umum terjadinya gastritis. Dr Bhatia mengatakan bahwa pergerakan cairan empedu dari usus kecil ke perut dapat menjadi sumber penyebab terjadinya gastritis, yaitu mual dan muntah.
 
Periksa ke dokter spesialis gastroenterologi jika mengalami beberapa gejala di atas. Anda bisa mengunjungi beberapa rumah sakit seperti di RSCM, MRCCC Siloam Hospitals, atau RS Medistra. Atau kunjungi rumah sakit atau pusat pelayanan terdekat dari rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif