NEWSTICKER
Cara terbaik untuk mengatasi kaki yang sakit adalah dengan tetap menggerakkan kaki dan berjalan.. (Ilustrasi/Pexels)
Cara terbaik untuk mengatasi kaki yang sakit adalah dengan tetap menggerakkan kaki dan berjalan.. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Mengatasi Kaki yang Sakit Setelah Berolahraga

Rona olah raga
Raka Lestari • 27 Februari 2020 09:18
Jakarta: Jika kaki Anda sedang sakit, mungkin cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengistirahatkan kaki dan sebisa mungkin tidak melakukan banyak gerak. Namun ternyata, para ahli mengatakan bahwa hal tersebut kurang tepat, karena cara terbaik untuk mengatasi kaki yang sakit adalah dengan tetap menggerakkan kaki dan berjalan.
 
Kaki yang sakit mungkin akan lebih sulit digerakkan, tetapi mencoba untuk membuat kaki tetap bergerak bisa membantu.
 
“Berjalan kaki sangat penting jika Anda mengalami kaki yang sakit setelah berolahraga dan selama masa pemulihan,” ujar Branko Teodorovic, seorang pelatih kebugaran dari Flexit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mungkin akan terasa tidak nyaman untuk mencoba berjalan, tetapi setelah mencoba perlahan sirkulasi darah akan lebih baik di sekitar kaki dan setelah 10 -15 menit akan terasa jauh lebih mudah,” terangnya.
 
Pada dasarnya, menggerakkan kaki ketika berjalan dapat membantu meringankan ketegangan yang terakumulasi dari olahraga yang dilakukan dan memiliki sejumlah manfaat. “Berjalan kaki dapat membuat oksigen yang diangkut ke kaki lebih banyak dibandingkan ketika Anda hanya berbaring atau duduk,” kata Teodorovic.
 
“Berjalan kaki dapat mengangkut semua nutrisi yang diperlukan untuk 'memberi makan' otot-otot di kaki dan untuk mengisi kembali glikogen, energi otot kita. Ditambah lagi, berjalan kaki dapat memecah penumpukan asam laktat sehingga otot Anda lebih siap untuk sesi latihan berikutnya,” jelas Teodorivic.
 
Namun bukan berarti Anda harus berjalan secara terus menerus untuk mengatasi kaki yang sakit setelah melakukan olahraga. “Berjalanlah dengan langkah ringan dan jangan khawatir tentang detak jantung Anda karena ini merupakan masa pemulihan,” kata Teodorovic.
 
Ia menambahkan bahwa yang Anda perlukan hanyalah sekitar 20 hingga 30 menit berjalan kaki ketika Anda sedang tidak berolahraga. “Anggap saja Anda sedang berjalan seperti biasa, tidak perlu memiliki target seperti sedang berolahraga,”tutup Teodorivic.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif