Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah salah satu infeksi yang kerap terjadi pada bayi maupun anak-anak. (Foto: Ilustrasi. Dok. /Unsplash.com)
Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah salah satu infeksi yang kerap terjadi pada bayi maupun anak-anak. (Foto: Ilustrasi. Dok. /Unsplash.com)

Infeksi Saluran Kemih pada Anak

Rona Infeksi Saluran Kemih (ISK)
07 Januari 2019 15:44
Jakarta: Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah salah satu infeksi yang kerap terjadi pada bayi maupun anak-anak.
 
Penyebab terbesar terjadinya infeksi saluran kemih karena bakteri yang memasuki bagian manapun dari saluran kemih, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.
 
Menurut Dr Leo Deng Jin, seorang dokter anak di Thomson Pediatric Center, salah satu jenis bakteri penyebab infeksi saluran kemih ialah Escherichia coli (E Coli) yakni bakteri yang juga ditemukan di usus besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bakteri ini dapat muncul dari makanan yang terkontaminasi, air yang terkontaminasi, kontak langsung dari orang lain, dan kontak dengan binatang dilansir dari BabyCenter.
 
(Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih di Rumah)
 
Infeksi Saluran Kemih pada Anak
(Infeksi saluran kencing pada anak umumnya dapat sembuh dengan cepat bila ditangani dengan tepat. Foto: Ilustrasi. Dok. Kiana Bosman/Unsplash.com)
 
Oleh karena itu, infeksi ini erat sekali kaitannya dengan masalah kebersihan. Pada usia 5 tahun, 8 persen anak perempuan dan 2 persen anak laki-laki pernah mengalami ISK setidaknya satu kali.
 
Infeksi saluran kencing pada anak umumnya dapat sembuh dengan cepat bila ditangani dengan tepat. Jika tidak, ISK dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan infeksi lebih serius pada tubuh, yang disebut sepsis.
 
Infeksi saluran kencing ini dapat diobati dengan antibiotik. Jenis antibiotik yang digunakan dan berapa lama akan tergantung pada jenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan seberapa parah infeksi terjadi.
 
Beberapa hari setelah diberikan antibiotik, dokter mungkin akan mengulang tes urine untuk memastikan bahwa infeksi benar-benar hilang. Jika anak mengalami nyeri parah ketika buang air kecil, dokter juga mungkin meresepkan obat yang mematirasakan lapisan saluran kemih.
 

Maria Fransiska
 

 

(TIN)
TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif