Sesuaikan keperluan sunscreen wajah dan tubuh, karena kedua sunscreen tersebut berbeda. (Foto: Pexels.com)
Sesuaikan keperluan sunscreen wajah dan tubuh, karena kedua sunscreen tersebut berbeda. (Foto: Pexels.com)

Cara Tepat Pakai Sunscreen

Rona kesehatan kulit sunscreen
Sunnaholomi Halakrispen • 20 Januari 2020 14:25
Jakarta: Cuaca panas tak hanya berisiko membuat kulit semakin gelap, tetapi juga terkena sinar berbahaya dari matahari. Meskipun telah mengenakan sunscreen, terkadang kulit tetap kusam.
 
Kejadian seperti itu disebabkan oleh kesalahan dalam menggunakan sunscreen. Maka demikian, fungsi utama sunscreen tidak didapatkan seutuhnya. Tipsnya, gunakan di seluruh wajah.
 
"Banyaknya tidak harus seujung jari. Secukupnya, yang penting menutupi seluruh wajah kita dan leher juga penting," ujar dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penting juga mengenakan sunscreen di badan. Pastikan Anda mengoleskan sunscreen khusus untuk wajah di wajah Anda, dan mengoleskan sunscreen khusus untuk badan di bagian badan Anda (bukan di wajah).
 
Penggunaan yang tidak sesuai berisiko tidak tepat penyerapannya. Apalagi, jika Anda menggunakan sunscreen untuk badan di wajah Anda. Risiko terburuknya, wajah Anda akan semakin banyak timbul jerawat.
 
Cara Tepat Pakai Sunscreen
(Dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) mengatakan bahwa sesuaikan keperluan sunscreen wajah dan tubuh, karena kedua sunscreen tersebut berbeda. Foto: Dok. Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
 
Selain itu, perhitungkan sunscreen dengan kandungan SPF yang tepat, setidaknya yang memiliki SPF 30. Jika di bawah dari SPF 30, perlindungannya akan kurang maksimal.
 
"Karena jika pakai sunscreen SPF 30 artinya itu skincare bisa melindungi wajah kita dari efek buruk sinar matahari selama lima jam," paparnya.
 
Sunscreen yang digunakan pun harus dioleskan tidak hanya sekali. Jata dr. Haekal, sebaiknya harus dioleskan kembali setiap lima jam.
 
"Tapi kalau aktivitas kita berlebihan di luar ruangan, seperti berkeringat atau wudu, segera oleskan kembali sunscreennya," jelasnya.
 
Sementara itu, meskipun Anda mengenakan pelembap, primer, dan foundation, yang memiliki SPF, tidak berarti perlindungannya bertambah atau awet seharian. Anda harus mengoleskan sunscreen lebih dari satu kali dalam sehari.
 
"Bukan berarti akan makin lama perlindungannya. Tapi tetap selama itu lima jam kalau pakai yang SPF 30," pungkasnya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif