Apabila mengonsumsi alkohol saat perut kosong, maka akan sangat mudah menyerap zat yang masuk. (Ilustrasi/Pexels).
Apabila mengonsumsi alkohol saat perut kosong, maka akan sangat mudah menyerap zat yang masuk. (Ilustrasi/Pexels).

Dampak Mengonsumsi Alkohol ketika Perut Kosong

Rona minuman beralkohol
Sunnaholomi Halakrispen • 26 November 2019 17:04
Jakarta: Mengonsumsi alkohol memberikan efek memabukkan. Tapi kondisi itu ternyata akan terasa berbeda ketika mengonsumsinya dalam keadaan perut kosong atau ketika sudah makan.
 
Sebab, tubuh menyerap sesuatu yang masuk tergantung dari apa zat aktifnya. Apabila mengonsumsi alkohol saat perut kosong, maka akan sangat mudah menyerap zat yang masuk.
 
"Misalnya habis makan penyerapan alkohol hanya sekitar 50 persen, tapi kalau perut lagi kosong penyerapannya bisa 70 atau 80 persen," ujar dr. Muliadi Limanjaya selaku Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dampaknya, efek samping alkohol bisa lebih cepat tercapai. Hitungannya, kata dr. Muliadi, tergantung angka berapa milimol. Kejadian-kejadian yang semakin lama semakin mabok, semakin cepat dicapai saat minum alkohol sedikit ketika perut kosong.
 
"Contohnya biasanya untuk berhakusinasi mabok butuh satu botol. Tapi kalau belum makan mungkin hanya butuh setengah botol saja untuk mendapatkan efek yang sama. Jadi risiko maboknya lebih gede," tuturnya.
 
Hal kedua yang harus diketahui, perut manusia memiliki pH asam. Ketika terkena alkohol, berisiko mengiritasi lambung. Maka terkadang bisa membuat orang terkena sakit maag.
 
"Itu efek samping dari alkohol sendiri sih dari acetaldehyde. Karena ada senyawa itu, sifatnya sendiri toxid untuk tubuh. Badan kita sebenarnya stres kalau kena alkohol," imbuhnya.
 
Alkohol sendiri tidak memengaruhi kondisi ginjal atau jantung. Namun, lebih berpengaruh terhadap hati. Sebab, alkohol larut di dalam air, sehingga setelah diserap dalam usus akan dibawa ke seluruh bagian tubuh secara merata, kecuali pada bagian hati.
 
"Terjadi penyerapan alkohol dalam jumlah besar. Hal ini karena ada pembuluh darah besar yang memberi akses langsung ke hati dari lambung dan usus bernama vena porta," paparnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif