Air mawar merupakan salah satu elemen penting yang dapat menghilangkan warna kulit yang tidak merata. (Foto: Pexels)
Air mawar merupakan salah satu elemen penting yang dapat menghilangkan warna kulit yang tidak merata. (Foto: Pexels)

Cara Mengatasi Warna Kulit yang Tidak Merata

Rona kesehatan kulit
Raka Lestari • 11 Juli 2019 08:05
Kulit yang tidak merata membuat Anda tak percaya diri. Tapi ada beberapa cara untuk mengatasi pemerataan kulit. Seperti mencampurkan susu dan kulit jeruk yang diparut untuk diberikan kepada wajah lalu pijat dengan lembut.
 
 
Jakarta: Kulit merupakan bagian terpenting dalam tubuh. Fungsinya, melindungi tubuh dan menjaga tubuh dari perubahan iklim, polusi, bahkan stres.
 
Kulit Anda merupakan pigmen yang dikenal sebagai melanin. Melanin memberikan perlindungan dari sinar matahari. Tetapi kadang-kadang yang terjadi adalah bahwa ada akumulasi melanin yang tidak merata di kulit Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini mengarah pada pembentukan bintik-bintik hitam dan putih pada kulit Anda. Pada lain waktu, mungkin ada kelebihan produksi melanin yang mengarah ke situasi yang dikenal sebagai hiperpigmentasi. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

1. Eksfoliasi

Kunci utama untuk menghindari warna kulit yang tidak rata adalah regenerasi kulit. Campurkan susu dan kulit jeruk yang diparut. Kemudian aplikasikan campuran keduanya pada wajah dan pijat dengan lembut. Cara ini dapat membantu menghilangkan sel-sel mati pada kulit Anda dan menghaluskan warna kulit.

2. Kunyit

Campuran kunyit dan yogurt atau susu dapat membantu meratakan warna kulit Anda. Buatlah campuran yogurt atau susu dengan kunyit, dan aplikasikan pada wajah sampai campuran tersebut mengering. Bilas sampai bersih dengan menggunakan sabun atau air hangat.

3. Air lemon

Mengaplikasikan air lemon juga dapat memberikan keajaiban pada kulit Anda. Aplikasikan air lemon ke seluruh permukaan wajah kapanpun Anda membutuhkannya untuk meratakan warna kulit. Diamkan selama beberapa menit, lalu setelah kering Anda bisa membilas air lemon dengan air hangat.

4. Air mawar

Air mawar merupakan salah satu elemen penting yang dapat menghilangkan warna kulit yang tidak merata. Sebelum Anda tidur di malam hari, cobalah melakukan kebiasaan mencuci muka dengan air mawar. Air mawar dapat berfungsi sebagai toner alami dan dapat menutup dan mengecilkan pori-pori Anda.

5. Diet

Melakukan perubahan pada pola makan Anda dengan menambahkan berbagai jenis buah dan sayuran merupakan cara yang tepat untu mengatasi warna kulit yang tidak merata. Diet yang baik, seimbang, dan bersih juga dapat membantu membuang racun-racun pada tubuh Anda, yang dapat membantu dalam meratakan kulit Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif