Aspirin mengandung bahan aktif yang sama (asam salisilat) seperti banyak ditemukan pada sampo anti ketombe. (Foto: Web MD)
Aspirin mengandung bahan aktif yang sama (asam salisilat) seperti banyak ditemukan pada sampo anti ketombe. (Foto: Web MD)

5 Bahan yang Mampu Mengusir Ketombe

Rona rambut
Raka Lestari • 05 September 2019 13:58
Jakarta: Ketombe atau dandruff bisa terjadi karena kulit kepala yang kering, atau kondisi kulit yang disebut dermatitis seboroik. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh eksim, psoriasis, atau, sangat umum, pertumbuhan berlebih dari jamur mirip ragi yang disebut malassezia. Untuk mengatasinya, ada banyak sampo anti ketombe yang banyak dijual di pasaran.
 
Namun jika Anda ingin mencoba untuk perawatan rambut berketombe di rumah, berikut ini beberapa caranya:  

1. Aspirin

Aspirin mengandung bahan aktif yang sama (asam salisilat) seperti banyak ditemukan pada sampo anti ketombe. Untuk membuatnya, hancurkan dua buah aspirin sampai halus kemudian tambahkan ke sampo ketika akan digunakan. Biarkan campuran di rambut Anda selama 1-2 menit, lalu bilas dengan baik dan cuci lagi dengan shampo biasa.

2. Tea tree oil

Dikutip dari Reader's Digest, sebuah studi menemukan bahwa sampo yang mengandung tea tree oil meskipun hanya 5 persen dapat mengurangi keparahan ketombe secara signifikan. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada sampo favorit anda saat sedang keramas.

3. Baking soda

Untuk mengatasi ketombe, Anda bisa menggunakan baking soda yang bisa ditemukan di dapur Anda. Basahi rambut Anda dan gosok segenggam baking soda dengan kuat ke kulit kepala Anda.
 

Tanpa menggunakan sampo, Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih. Baking soda dapat mengurangi jamur yang terlalu aktif yang dapat menyebabkan ketombe.

4. Cuka apel

Cuka apel sudah terkenal akan banyak manfaat bagi kehidupan Anda. Dr Mehmet Oz, mengatakan bahwa cuka apel bisa berguna sebagai obat anti ketombe. Sebab keasaman cuka sari apel mengubah pH kulit kepala Anda, membuatnya lebih sulit bagi ragi untuk tumbuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Campurkan seperempat cangkir cuka apel dengan seperempat gelas air dalam botol semprot. Kemudian semprotkan pada kulit kepala Anda. Bungkus kepala Anda dengan handuk dan diamkan selama 15 menit hingga satu jam, lalu cuci rambut Anda seperti biasa.

5. Lemon

Lemon juga bisa menjadi alternatif lain untuk mengatasi ketombe. Gunakan dua sendok makan air lemon ke kulit kepala Anda sambil dipijat, bilas kulit kepala Anda dengan air. Kemudian aduk 1 sendok teh jus lemon ke dalam 1 gelas air dan bilas rambut Anda dengannya.
 
5 Bahan yang Mampu Mengusir Ketombe
Ulangi ini setiap hari sampai ketombe Anda hilang. Keasaman lemon membantu menyeimbangkan pH kulit kepala Anda, yang membantu menjaga ketombe tetap terkendali.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif