Jika tangan dan kaki yang bergerak ke arah yang sama mungkin menandakan nyeri punggung atau otot punggung tertarik. (Foto: Sebastian Voortman/Pexels)
Jika tangan dan kaki yang bergerak ke arah yang sama mungkin menandakan nyeri punggung atau otot punggung tertarik. (Foto: Sebastian Voortman/Pexels)

Waspada, Cara Berjalan Menunjukkan Kondisi Kesehatan (2)

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 20 Agustus 2019 11:51
Jakarta: Berjalan bukan sekadar melangkah dari satu titik ke titik lain. Ini merupakan sebuah proses kompleks dari ujung kepala hingga ujung jari.
 
Mengutip WebMD, cara berjalan, postur tubuh dan kecepatan saat melangkah dapat memberi petunjuk penting tentang kesehatan dan kepribadian seseorang. Berikut beberapa di antaranya:

-Variasi bulanan

Siklus menstruasi secara halus menandakan ada perbedaan cara berjalan. Sebuah studi menemukan, Laki-laki yang menyaksikan siluet perempuan menari dan berjalan pada waktu yang berbeda dalam siklus mereka. Pria menemukan cara bergerak dan berjalan wanita lebih menarik saat mereka paling subur.

-Jalan bergoyang-goyang

Apakah Anda merasa seperti bergoyang saat berjalan? Selain masalah alkohol, Anda mungkin mengalami cedera otak. Benturan pada kepala dapat menyebabkan kerusakan otak ringan yang membuat dunia berputar  sementara waktu. Pada atlet ini sering dirasakan mereka yang bermain olahraga kontak.

-Memindahkan satu sisi tubuh bersamaan

Tangan dan kaki yang bergerak ke arah yang sama mungkin menandakan nyeri punggung atau otot punggung tertarik. Selain itu cakram hernia di punggung bagian bawah membuat Anda cenderung memutar dada dan bahu agar sesuai dengan pinggul saat berjalan untuk menghindari puntiran saat Anda berjalan cepat. Alih-alih tangan dan kaki berlawanan arah, keduanya akan berada di depan tubuh pada saat bersamaan.

-Menyeret kaki

Langkah kaki yang lambat terutama pada mereka yang berusia 60 tahun atau lebih bisa menjadi tanda otak kesulitan untuk memerintah otot-otot kaki bergerak. Langkah acak dalam posisi membungkuk dengan sedikit atau tanpa gerakan lengan sering disebut gaya berjalan Parkinson yang umum di antara orang dengan penyakit ini.

-Langkah panjang

Para ahli mengklaim wanita yang memperoleh klimaks dari penetrasi penis dapat dilihat dari cara berjalannya. Ternyata, respons seksual itu berarti Anda lebih mungkin memiliki panggul dan tulang punggung yang fleksibel. Karenanya langkah akan lebih lebar dan tegas.

-Kaku, memilin, goyah

Multiple sclerosis dapat terlihat dari cara berjalan Anda. Langkah-langkah kaku dan berayun dengan jari-jari kaki menunjuk ke dalam, atau sering kehilangan keseimbangan. Lutut mungkin menyilang ketika Anda berjalan, yang sering disebut "scissoring." Atau Anda mungkin kehilangan rasa di kaki sehingga sulit mengetahui di mana lantainya.

-Lamban

Penyakit mental depresi mungkin terasa memberatkan, sehingga memengaruhi cara berjalan. Mereka berjalan dengan langkah-langkah pendek dan lambat. Namun ini tidak permanen dan akan berubah saat suasana hati membaik. Studi menunjukkan hanya dengan berpikir seolah-olah Anda merasa bahagia, postur tubuh membantu mengalihkan pikiran Anda ke arah yang positif.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif