Tantangan kesehatan seksual umum terjadi pada wanita seiring bertambahnya usia, dan faktor pasangan memainkan peran penting dalam aktivitas dan kepuasan seksual wanita. (Foto: Pexels.com)
Tantangan kesehatan seksual umum terjadi pada wanita seiring bertambahnya usia, dan faktor pasangan memainkan peran penting dalam aktivitas dan kepuasan seksual wanita. (Foto: Pexels.com)

Penyebab Gairah Seks Menurun pada Wanita Lanjut Usia

Rona seks pada wanita lanjut usia
Timi Trieska Dara, Anda Nurlaila • 14 Juli 2019 14:17
Tak hanya faktor biologi yang berperan dalam hal mengapa wanita lebih tua kurang bergairah untuk seks seiring bertambahnya usia. Sejumlah faktor psikologis berkontribusi pada penurunan libido.
 

Jakarta: Sebuah penelitian membeberakan tentang alasan wanita yang lebih tua jadi kurang bergairah dalam seks. Faktor-faktor tersebut termasuk masalah tampilan tubuh, kepercayaan diri, keinginan yang dirasakan, stres, perubahan suasana hati dan masalah hubungan.
 
Penelitian sebelumnya sebagian besar berfokus pada penyebab biologis dari berkurangnya aktivitas seksual pada wanita yang lebih tua, seperti gangguan tidur, kekeringan pada vagina dan hubungan seksual yang menyakitkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian baru ini mencakup hampir 4.500 wanita pascamenopause di Inggris yang terdaftar dalam uji coba skrining kanker ovarium.
 
Sebelum dimulai skrining, sekitar separuh dari wanita aktif secara seksual, tetapi ada penurunan di semua area aktivitas seksual dari waktu ke waktu. Aktivitas seksual lebih jarang, tidak menyenangkan, dan sangat tidak nyaman. 
 
Penyebab Gairah Seks Menurun pada Wanita Lanjut Usia
(Tantangan kesehatan seksual umum terjadi pada wanita seiring bertambahnya usia, dan faktor pasangan memainkan peran penting dalam aktivitas dan kepuasan seksual wanita. Foto: Pexels.com)
 
Alasan utama untuk tidak melakukan aktivitas seksual adalah ketiadaan pasangan, terutama karena wanita single mother (tanpa suami), menurut penelitian.
 
Alasan umum lainnya yang dilaporkan untuk penurunan aktivitas seksual termasuk kondisi medis pasangan, disfungsi seksual pasangan, masalah kesehatan wanita itu sendiri, gejala yang berhubungan dengan menopause, dan obat yang diresepkan.
 
Alasan paling umum dilaporkan untuk libido rendah adalah masalah hubungan, logistik, dan persepsi penuaan. Hanya tiga persen wanita dalam penelitian ini yang menggambarkan pengalaman seksual yang positif, dan hanya enam persen yang mencari bantuan medis untuk masalah seksual.
 
Studi ini dipublikasikan secara online pada 10 Juli 2019 di Menopause yakni jurnal dari North American Menopause Society (NAMS).
 
"Tantangan kesehatan seksual umum terjadi pada wanita seiring bertambahnya usia, dan faktor pasangan memainkan peran penting dalam aktivitas dan kepuasan seksual wanita, termasuk ketiadaan pasangan, disfungsi seksual pasangan, kesehatan fisik pasangan yang buruk, dan masalah hubungan," kata Dr Stephanie Faubion, Direktur Medis NAMS.
 
"Selain itu, masalah yang berhubungan dengan menopause seperti kekeringan pada vagina dan rasa sakit dengan seks telah diidentifikasi sebagai masalah yang memengaruhi fungsi seksual, namun beberapa wanita mencari pengobatan untuk masalah ini, meskipun ada terapi yang efektif," katanya dalam rilis berita jurnal.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif