Lima Manfaat Rutin Berpuasa bagi Tubuh
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Memasuki bulan Ramadan, umat Muslim mulai menjalankan puasa selama sebulan penuh. Faktanya, berpuasa secara rutin banyak memberi efek positif pada tubuh. 

Seorang ahli diet mengungkapkan bahwa berpuasa rutin, misalnya seminggu sekali, dapat membantu menjaga berat badan tubuh seimbang. 

"Puasa memang bukan penemuan baru, banyak agama dan kelompok budaya telah berpuasa sejak lama, dan potensi untuk menurunkan berat badan karena kegiatan itu benar nyata," jelas ahli diet Susie Burrell.


Berikut adalah manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir Daily Mail. 

1. Mengatur ulang hormon

Hormon berpengaruh pada berat badan, terutama saat terjadi ketidakseimbangan serius dalam tubuh. 

"Sebenarnya penanda inflamasi seperti kolesterol, glukosa darah, insulin, tekanan darah; membaik ketika kita berpuasa," kata Susie.

Ia menambahkan, pengontrolan jangka panjang berhubungan dengan penurunan risiko sejumlah penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

2. Mengingatkan bagaimana rasa lapar

"Manusia jarang makan ketika lapar. Mereka makan karena lelah, bosan, dan orang di dekat mereka makan. Berpuasa 16-24 jam membantu mengingatkan tubuh bagaimana rasanya lapar," tukas Susie. 

3. Membantu makan lebih sedikit

Ukuran porsi makan meningkat secara dramatis dalam lima hingga 10 tahun terakhir dan menyebabkan angka obesitas pun melonjak. 

"Kebanyakan dari kita makan terlalu banyak setiap hari. Puasa rutin adalah cara mudah untuk mengingatkan seberapa banyak baiknya kita makan, yang juga baik untuk menurunkan berat badan," kata Susie.

4. Mengontrol asupan kalori

"Akan ada hari-hari dimana kita makan terlalu banyak, seperti di restoran atau sebuah pesta; sehingga asupan kalori berlebih," pungkas Susie. 

Menurutnya, berpuasa satu atau dua hari membantu menyangga kalori tersebut dengan konsumsi sayuran saat berbuka puasa, tanpa perlu diet. 

5. Menurunkan berat badan

"Salah satu manfaat rutin berpuasa, adalah berat badan Anda bisa turun satu atau dua kilogram dalam sebuah tanpa perlu diet," ujar Susie. 






(DEV)