Ada empat fase dalam psikologi Anda dalam menghadapi pandemi ini. Salah satunya Anda tak tahan untuk keluar rumah. (Foto: Pexels.com)
Ada empat fase dalam psikologi Anda dalam menghadapi pandemi ini. Salah satunya Anda tak tahan untuk keluar rumah. (Foto: Pexels.com)

Mengapa Masih Banyak Orang Keluar Rumah Saat Pandemi?

Rona kesehatan psikologi kesehatan mental
Sandra Odilifia • 23 September 2020 14:36
Jakarta: Pernahkah Anda merasa jenuh karena terus-menerus berada di dalam rumah atau bosan karena tidak bertemu dengan orang lain? Jika iya, berarti Anda masih dalam fase 'crisis'.
 
Menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Efnie Indrianie, M.Psi Efnie Indrianie selama pandemi terdapat empat fase yang Anda lewati, yaitu fase euforia, crisis, recovery dan adjustment.
 
Pada fase pertama atau euforia, persepsi awal yang muncul dalam diri Anda seolah-olah bekerja dan sekolah itu libur, sehingga Anda merasa bahagia. Padahal sebenarnya tidak libur, semua kegiatan tetap dilakukan namun lokasinya, di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rasa senang yang muncul karena segala aktivitas dialokasikan ke rumah atau biasa disebut 'work from home'," ujar psikolog yang ramah ini.
 
Namun, fase ini tidak akan bertahan lama, dan akan langsung dilanjutkan ke fase dua, yaitu crisis.
 
 
Halaman Selanjutnya
Dalam fase ini, Anda akan…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif