Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Apa yang Anda Makan Ternyata Memengaruhi Mimpi

Rona studi
Kumara Anggita • 14 Januari 2020 12:20
Jakarta: Banyak orang merasa bahwa pikiran buruk akan menghadirkan mimpi buruk saat tertidur. Namun ternyata ada banyak faktor lain yang ikut memengaruhi. Salah satunya adalah makanan atau minuman yang Anda konsumsi.
 
Dilansir dari Psychology Today, sebuah penelitian tentang mimpi menunjukkan bahwa 68 dari 382 peserta (17,8 persen) mengklaim bahwa, makanan tertentu atau makan larut malam memengaruhi mimpi mereka. Makanan tersebut antara lain produk olahan susu, makanan pedas, dan makanan manis.
 
Penelitian pun terus dilanjutkan dan ditemukan bahwa mimpi buruk berkaitan dengan nutrisi. Ini karena nutrisi memengaruhi banyak hal, seperti suasana hati atau rasa waspada pada siang hari, atau bahkan kualitas tidur saat malam hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makanan memengaruhi mimpi secara tidak langsung karena metabolisme yang buruk atau intoleransi pencernaan. Misalnya, makan terlalu malam dapat berdampak negatif pada metabolisme dan kualitas tidur. Sehingga terbawa ke dalam mimpi Anda.
 
Bayangkan saja bila sejumput cabai rawit dapat membuat Anda bersemangat setelah makan, mengapa itu tidak juga mempengaruhi mimpi Anda? Karena itu, untuk menghindari mimpi buruk pastikan Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif