dr. Adhiatma Gunawan, selaku Head of Medical Management, Good Doctor Technology Indonesia, dalam Konferensi Pers Kerja Sama IDI dengan Good Doctor dan Grab, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrisp
dr. Adhiatma Gunawan, selaku Head of Medical Management, Good Doctor Technology Indonesia, dalam Konferensi Pers Kerja Sama IDI dengan Good Doctor dan Grab, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrisp

Tips Gaya Hidup untuk Proteksi Diri dari Covid-19

Rona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 14 Februari 2020 11:07
Jakarta: Gaya hidup sehat harus terus dilakukan. Bukan sekedar dijadikan suatu kebiasaan baik, namun juga bermanfaat sebagai upaya proteksi diri dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti novel coronavirus Covid-19.
 
"Melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), dengan cuci tangan, tutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin," ujar dr. Adhiatma Gunawan, selaku Head of Medical Management, Good Doctor Technology Indonesia, di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Ketika flu atau batuk, penekanannya ada pada cara menyesuaikan diri. Secara etika, kata dr. Adhiatma, mulut dan hidung harus ditutup atau tidak boleh dibiarkan terbuka, agar percikannya tidak menyebar ke orang lain atau barang-barang di sekitar. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ditutupnya pakai tangan akan banyak bakteri dan kuman. Jadi (mulut dan hidung) bisa ditutup pakai tisu atau bagian dalam baju," paparnya.
 
Selain itu, jika hendak memasak daging-dagingan atau telur, sebaiknya hingga matang. "Kalau punya hewan ternak jaga jarak dengann orang yang lagi sakit atau lindungi diri sendiri," tambahnya.
 
Menurutnya, perilaku hidup bersih dan sehat tersebut harus ditingkatkan. Terlebih ketika terbiasa malas mencuci tangan atau cuci tangan dengan tidak benar. 
 
"Basahi tangan seluruhnya dengan air mengalir, gosok sabun ke telapak, ke punggung telapak tangan dan sela-sela jari, lalu bersihkan bagian bawah kuku, kemudian ibu jari," jelasnya.
 
Setelah itu, tahap selanjutnya membilas dengan air bersih yang mengalir. Kemudian, keringkan tangan dengan handuk atau kain atau handdryer. Prosesnya pun tidak memakan waktu yang lama, tapi juga bukan dengan singkat.
 
"Jangan cuma sekedar cuci tangan, setidaknya 20 detik dicuci pakai sabun. Kalau cuci tangan hanya 5 detik berarti tidak benar itu cuci tangannya," ucapnya.
 

 

(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif