Tips Jaga Kulit Setelah Usia 50 Tahun (Foto: istock)
Tips Jaga Kulit Setelah Usia 50 Tahun (Foto: istock)

Tips Jaga Kulit Setelah Usia 50 Tahun

Rona kesehatan lansia menopause kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 01 Juni 2019 19:07
Jakarta: Usia yang semakin tua berpengaruh pada perkembangan kulit yang mudah berkerut. Baik di bagian wajah, tangan, hingga kaki. Tapi jangan khawatir, karena langkah berikut bisa Anda terapkan untuk menjaga kulit tetap sehat di usia 50 tahun.
 
Menopause menyebabkan banyak perubahan pada kulit Anda. Tubuh Anda berhenti membuat kolagen sebanyak mungkin. Anda kehilangan beberapa lemak di bawah kulit Anda dan elastisitas kulit Anda turun.
 
Hal itu dikombinasikan dengan kekeringan yang disebabkan oleh perubahan hormon yang dapat menyebabkan kulit kendur, terutama di sekitar leher, garis rahang, dan pipi. Anda pun menemukan garis-garis halus dan kerutan pada kulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Membersihkan kulit
 
Pembersihan adalah langkah perawatan kulit yang penting, terutama seiring bertambahnya usia. Sebab, kulit Anda menjadi lebih kering karena kelenjar minyak tidak aktif.
 
Kuncinya, menggunakan pembersih yang tepat untuk kulit kering. Kulit Anda bisa mendapatkan manfaat dari kelembaban ekstra. Jadi, pilihlah formula krim yang menghidrasi alih-alih busa atau pembersih gel.
 
Hindari mandi air panas dengan jangka waktu yang lama dan gunakan pelembab saat kulit Anda masih lembab usai mandi. Cara ini membantu meningkatkan hidrasi pada kulit Anda.
 
2. Tetap gunakan SPF
 
Meskipun kanker kulit dan kerutan disebabkan oleh jumlah matahari yang Anda dapatkan di usia 20-an, 30-an, dan 40-an, Anda masih perlu melindungi kulit Anda.
 
Anda masih membutuhkan SPF untuk menangkal kulit dari sinar yang bisa merusaknya. Kulit pada usia menopause mungkin memiliki perlindungan alami lebih sedikit dari pada ketika Anda masih muda. Jadi cari SPF spektrum luas 30 atau lebih tinggi dan pakailah setiap hari.
 
3. Tutupi bintik hitam
 
Saat menopause, akan terlihat bintik-bintik penuaan atau bintik hitam pada bagian wajah, tangan, dan dada. Anda bisa berupaya mencegahnya dengan menggunakan tabir surya setiap hari.
 
Produk pencerah kulit dapat membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan tersebut. Toner juga dapat membantu meratakan warna kulit.
 
4. Perhatikan tangan Anda
 
Punggung tangan Anda bisa kehilangan kelembapan, kolagen, dan lemak selama mengalami menopause. Hal ini bisa membuat pembuluh darah terlihat lebih jelas dan kulit lebih keriput.
 
Kulit Anda juga bisa terlihat tembus pandang dan bertulang. Untuk mengurangi tampilan keriput itu, gunakan pelembap secara sering di area tangan Anda.
 
Penggunaan pelembap guna melindunginya dari sinar matahari. Bisa juga Anda gunakan sarung tangan saat melakukan aktivitas di luar ruangan atau saat berkebun dan bersantai di halaman rumah.
 
5. Rutin berolahraga
 
Stres dapat membuat kulit Anda lebih kering dan lebih sensitif. Ini juga dapat memicu kondisi seperti psoriasis. Anda bahkan lupa dengan rutinitas perawatan kulit Anda ketika tengah mengalami stres.
 
Tetaplah berolahraga. Karena selain membuat tubuh bugar dengan mengencangkan otot, olahraga juga mengurangi tingkat stres Anda. Olahraga juga meningkatkan sirkulasi, yang mulai melambat seiring bertambahnya usia. Oksigen dan aliran darah ekstra dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat.
 
Singkatnya, ada ketenangan pikiran dan kesegaran fisik yang seirama. Maka, cobalah olahraga ringan seperti yoga, meditasi, bersepeda, jalan sehat, senam, dan olahraga lainnya yang juga bisa membantu Anda rileks.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif