Kecemasan dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan tanpa alasan yang jelas. Berikut lima artis yang mengalaminya. (Foto: Dok. Instagram Demi Lovato/@ddlovato)
Kecemasan dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan tanpa alasan yang jelas. Berikut lima artis yang mengalaminya. (Foto: Dok. Instagram Demi Lovato/@ddlovato)

5 Selebriti Ungkap Hal Inspiratif Terkait Kecemasan

Rona psikologi kecemasan
Timi Trieska Dara • 19 Januari 2020 11:00
Jakarta: Selebriti sama seperti kita, ketika menyangkut emosi yang sangat manusiawi dan kadang melemahkan seperti kecemasan. Lady Gaga, Kristen Stewart, Demi Lovato, dan yang lainnya berbicara tentang perasaan cemas mereka dan bagaimana mereka menghadapinya, menawarkan inspirasi kepada kita semua.

Kecemasan sangat umum terjadi

Cantik, berbakat, dan memiliki kekayaan dan sumber daya untuk membuat keajaiban terjadi dalam hidup selebriti setiap hari. Tetapi kecemasan tidak seperti itu. Kecemasan dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan tanpa alasan yang jelas.
 
Gangguan kecemasan memengaruhi sekitar 18 persen orang dewasa di Amerika Serikat, menurut National Institute of Mental Health. Itu berarti lebih dari 40 juta orang memiliki masalah serangan panik, fobia sosial, dan gejala gangguan obsesif-kompulsif - cukup parah untuk diklasifikasikan sebagai gangguan. 
 
Jutaan orang lebih merasa cemas, tetapi gagal dari diagnosis yang sebenarnya. Selama bertahun-tahun, selebriti lebih terbuka tentang kecemasan mereka sendiri, membantu melawan stigma dan membuat penggemar tahu bahwa mereka tidak sendirian. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut lima selebriti yang telah berbicara tentang kecemasan dan depresi mereka sendiri, yang dilansir Health:

1. Kristen Stewart, berguling-guling dengan pukulan

Kristen Stewart, yang terkenal karena perannya dalam film Twilight, Snow White, dan the Huntsman, mengalami serangan panik dan sakit perut ketika ia masih muda. Sekarang, katanya, dia sudah keluar dari gejala itu tetapi masih khawatir bisa kembali kapan saja. 
 
"Saya jelas berharap semua yang terjadi saat ini akan berhasil, tetapi saya yakin bahwa hidup ini baik dan saya akan baik-baik saja apa pun yang terjadi. Jadi pada saat-saat ketika (hidup) itu suram dan saya merasa jenuh dan tidak dapat terlibat dalam bagaimana kehidupan yang baik, namun yang ditarik seluruh perasaan itu, mereka sangat sesaat. Saya pikir cukup baik untuk bahagia," katanya kepada Elle pada 2016.
 
5 Selebriti Ungkap Hal Inspiratif Terkait Kecemasan
(Adele pernah mengalami serangan kecemasan dan bahkan muntah sebelum naik ke atas panggung. Foto: Dok. Instagram Adele/@adele)

2. Demi Lovato

Demi Lovato, yang memulai kariernya di Disney Channel dan di film Camp Rock, sekarang terkenal karena musiknya, dengan lagu-lagu hits seperti "Heart Attack" dan "Cool for the Sumer." 
 
Sang penyanyi, yang masuk fasilitas rehabilitasi pada 2011, berbicara tentang perjuangannya dengan penyalahgunaan obat, gangguan makan, kecemasan, dan depresi. 
 
“Saya pikir semakin banyak orang menyuarakan apa yang mereka alami - pengalaman mereka atau hanya mendidik diri mereka sendiri sehingga mereka dapat belajar lebih banyak tentang apa yang mereka bicarakan - itu akan menjadi kunci untuk menciptakan percakapan tentang penyakit mental dan membuat lebih dimengerti."
 
"Ada kurangnya kasih sayang untuk orang-orang yang memiliki penyakit mental dan ada banyak penilaian. Begitu Anda membuat orang menyadari bahwa penyakit mental dapat menimpa siapa pun - dan itu bukan kesalahan siapa pun - maka saya pikir mereka akan menjadi lebih memahami apa sebenarnya penyakit mental itu," kata Demi Lovato kepada Huffington Post pada 2015.

3. Lady Gaga

Lady Gaga, yang terkenal karena lagu pop-nya seperti Bad Romance dan Poker Face, mengatakan dia menderita kecemasan dan depresi sepanjang hidupnya. Penyanyi itu meluncurkan Yayasan Born This Way untuk membantu para penggemarnya mengatasi masalah kesehatan mental mereka sendiri. 
 
Dalam ceramah di Universitas Yale pada 2015, dia berbicara tentang bagaimana dia mengubah pengambilan keputusan untuk membantu mengatasi perasaan negatif. 
 
"Saya mulai mengatakan tidak. Saya tidak melakukan itu. Saya tidak ingin melakukan itu. Saya tidak mengambil foto itu, saya tidak akan pergi ke acara itu, saya tidak mendukung itu karena bukan itu yang saya perjuangkan. Dan perlahan tapi pasti, saya ingat siapa saya. Dan kemudian Anda pulang, dan Anda melihat ke cermin, dan Anda seperti, 'Ya. Saya bisa tidur dengan Anda setiap malam.' Karena orang itu, saya kenal orang itu (diri sendiri)."

4. Adele

Adele terkenal karena suara nyanyiannya yang kuat dan lagu-lagu besar di antaranya Someone Like You dan Hello. Tetapi sang penyanyi mengatakan kepada Rolling Stone pada 2011 bahwa ia telah mengalami serangan kecemasan dan bahkan muntah sebelum naik ke atas panggung. "Aku hanya berpikir bahwa tidak ada yang salah dengan mengerikan. Juga, ketika aku gugup, aku mencoba untuk melucu. Itu berhasil."

5. Dan Harris

Dan Harris adalah pembawa berita utama pada program Nightline ABC dan koresponden akhir pekan di Good Morning America. Pada 2004, Harris menderita serangan panik saat siaran. 
 
Pada 2014, ia menulis buku terlaris New York Times tentang pertempurannya dengan kecemasan yang berjudul "10% Happier: How I Tamed the Voice in My Head, Reduced Stress without Losing My Edge and Found Self-Help That Actually Works."
 
"Guru-guru (meditasi) swadaya terus-menerus memberi tahu kita bahwa kita bisa mendapatkan apa pun yang kita inginkan melalui 'kekuatan berpikir positif.' Saya pikir, ini adalah pesan yang tidak realistis dan berpotensi merusak. Sebaliknya, meditasi adalah cara yang bisa dilakukan, realistis, diteliti secara ilmiah untuk mendapatkan secara signifikan lebih bahagia, lebih tenang, dan lebih baik," kata Dan Harris di ABC pada 2014.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif