NEWSTICKER
Meskipun memang, mencuci tangan tidak menghilangkan kuman secara keseluruhan, namun mencuci tangan adalah hal yang penting. (Ilustrasi/Pexels)
Meskipun memang, mencuci tangan tidak menghilangkan kuman secara keseluruhan, namun mencuci tangan adalah hal yang penting. (Ilustrasi/Pexels)

Cucilah Tangan Anda Setelah Menyentuh Benda-benda Ini

Rona cuci tangan
Raka Lestari • 17 Maret 2020 12:02
Jakarta: Mencuci tangan merupakan hal yang penting untuk menjaga kebersihan, menghentikan penyebaran kuman dan virus. Seperti dilansir Reader's Digest, meskipun memang, mencuci tangan tidak menghilangkan kuman secara keseluruhan, namun mencuci tangan adalah hal yang penting. Khususnya setelah menyentuh berbagai barang-barang di bawah ini:

Uang 

Mungkin Anda bisa menggunakan uang elektronik agar tidak perlu menyentuh uang secara langsung, tetapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk tetap menggunakan uang secara cash. Dan ketika Anda harus menyentuh uang, usahakan untuk mencuci tangan setelahnya.
 
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plos One, menemukan bahwa uang mengandung ratusan mikroorganisme, termasuk bakteri dan DNA dari binatang dan virus.

Pegangan rel atau gagang pintu

"Mencuci tangan sangat penting untuk membatasi penyebaran bakteri dan virus," kata Katy Burris, MD, seorang dokter kulit di Columbia University Medical Center.
 
"Salah satu waktu penting untuk diingat untuk mencuci adalah setelah naik transportasi umum, di mana banyak orang terus-menerus menyentuh permukaan yang sama," kata Dr Burris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini termasuk semuanya, mulai dari pegangan tangan di eskalator hingga tiang di kereta bawah tanah hingga pegangan pintu kamar mandi.

Binatang 

Tidak semua orang mencuci tangan setelah menyentuh hewan, padahal itu sangat penting, menurut Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seorang dokter dan ahli kesehatan.
 
"Hewan dapat membawa berbagai penyakit," katanya. Mencuci tangan setelah menyentuh binatang atau berinteraksi dengan hewan peliharaan, baik milik Anda atau orang lain, sangat penting.

Layar sentuh

Teknologi layar sentuh saat ini bisa dengan mudah ditemukan di mana saja. "Salah satu yang paling buruk adalah layar sentuh yang ada di bandara atau transportasi publik," ujar Dr Burris.
 
"Kuman ada di mana-mana, dan beberapa tempat mungkin menyimpan lebih banyak daripada yang Anda sadari," katanya.
 
Ponsel juga merupakan yang paling banyak mengandung kuman, terutama jika Anda berbagi ponsel dengan orang lain. "Mencuci sederhana dengan sabun dan air akan mengurangi penularan patogen ini," kata Dr Burris.

Talenan dan spons cuci piring

Dapur adalah lingkungan yang penuh kuman. Anda tidak hanya membawa makanan mentah  tetapi juga membersihkan makanan, peralatan, dan tekstil, seperti handuk dapur dan spons.
 
Satu studi menemukan sebanyak 326 spesies bakteri yang hidup di spons dapur bekas pakai. Dr Burris menyarankan untuk membuang spons lama dan selalu cuci tangan sebelum menyiapkan makanan dan setelah memegang daging mentah.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif