Ada beberapa kasus pada wanita berusia 40 tahun yang masih berjerawat. Berikut informasi selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa kasus pada wanita berusia 40 tahun yang masih berjerawat. Berikut informasi selengkapnya. (Foto: Pexels.com)

Tips Merawat Jerawat di Usia Tua

Rona kesehatan kulit jerawat
Sunnaholomi Halakrispen • 27 Januari 2020 08:00
Jakarta: Usia tua kerap kali mengalami kondisi kulit wajah yang kusam. Namun, tak jarang masih munculnya jerawat. Agar bisa berpenampilan maksimal, lakukanlah upaya perawatan wajah.
 
Meskipun, secara teori jerawat di umur 25 tahun bisa sembuh sendiri. Namun, ada juga beberapa kasus pada wanita berusia 40 tahun yang masih berjerawat.
 
"Jerawat secara teori sebuah penyakit kalau ada obat dia sembuh, jadi dia butuh obat. Bukan butuh coba-coba, kecuali dia dapat skincare yang tepat, ini bisa buat jerawat," ujar dr. Atika Damayanti Sp.KK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal pertama yang harus dilakukan ialah rutin membersihkan wajah dengan sabun khusus untuk kulit berjerawat. Kemudian, gunakan skincare yang tepat dengan kondisi wajah masing-masing.
 
"Kalau mau coba sendiri baca dulu jagan cuma karena ada bacaan untuk jerawat langsung dipkai karena belum tentu cocok," paparnya.
 
Tips Merawat Jerawat di Usia Tua
(Rawat kesehatan kulit dengan rutin. Gunakan sabun dan skincare yang cocok. Foto: Pexels.com)
 
Usia tua mungkin membuat kondisi kulit wajah lebih sulit ditangani. Akan tetapi, penggunaan skincare bisa mengatasi masalah tersebut.
 
"Banyak jerawatan pakai BB krim atau CC krim itu kan enggak tepat. Karena, kelenjar minyaknya bayak ditutupin makinlah kelenjar minyaknya tersumbat," jelasnya.
 
Dr. Atika menyatakan bahwa sebenarnya, skincare yang bagus akan menyebabkan kulit mengelupas. Akan tetapi, bukan pengelupasan yang berlebihan.
 
Ia menyarankan agar para perempuan sudah menggunakan skincare mulai usia 25 tahun ke atas. Sebab, di usia itu biasanya perempuan memiliki aktivitas yang tidak sedikit dan banyak pula berpikir.
 
"Kalau 27-29 tahun sudah mulai rawan aging, dari keriput, warna kulit tidak merata, lalu ada bercak-bercak. Kalau enggak dirawat pasti dia sangat turun kualitas kulit wajahnya," imbuhnya.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif