Memar bisa sangat sulit diobati karena cedera sebagian besar terjadi di jaringan bawah kulit. (Foto Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)
Memar bisa sangat sulit diobati karena cedera sebagian besar terjadi di jaringan bawah kulit. (Foto Ilustrasi: Rawpixels/Pexels)

Menyembuhkan Memar dengan Bahan Rumahan

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 13 Juni 2019 12:22
Jika Anda tak mau repot ke rumah sakit atau tukang urut untuk menyembuhkan memar, Anda bisa menemukan bahan-bahan di rumah. Seperti terapi es, lidah buaya, atau minyak lavender.
 
Jakarta: Bekas memar yang tak kunjung hilang terkadang bikin jengkel. Apalagi jika terjadi di bagian tubuh yang terbuka.
 
Memar biasanya timbul dari berbagai jenis cedera atau benturan pada tubuh. Cedera tersebut mengakibatkan pembuluh kecil di bawah kulit mengalami kerusakan dan mengalami pendarahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun darah tersebut tidak keluar tubuh melainkan terperangkap di bawah kulit. Hal ini menyebabkan darah mengalir ke jaringan yang berdekatan dan membuat kulit menjadi berwarna keunguan.
 
Memar bisa sangat sulit diobati karena cedera sebagian besar terjadi di jaringan bawah kulit. Oleh sebab itu, prediksi waktu yang diperlukan untuk sembuh, sepenuhnya tergantung pada sensitivitas kulit Anda.
 
Tapi tenang saja. Sebetulnya ada pengobatan rumahan yang bisa menuntaskan memar pada tubuh Anda. Selain efektif, obat memar rumahan ini juga cukup aman untuk digunakan.

1. Terapi es

Meski terlihat sepele, terapi es berguna untuk mencegah aliran darah menyebar di sekitar area kulit yang cedera. Hal ini juga efektif untuk mengurangi pembengkakan pada area kulit yang terluka.
 
Segera oleskan es di atas kulit ketika Anda mengalami cedera. Lakukan terapi itu selama 10 menit. Ulangi hal yang sama 20 menit berikutnya.

2. Lidah buaya

Selain terapi es, Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menuntaskan bekas memar. Sebab, gel pada lidah buaya mampu mengurangi risiko penggumpalan darah.
 
Menyembuhkan Memar dengan Bahan Rumahan
 
Tak hanya itu. Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, yang berarti, dapat membantu mengurangi rasa sakit serta mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang bersifat anti-inflamasi. Enzim ini membantu menyembuhkan memar dan bengkak seketika dioleskan pada kulit.
 
Mengonsumsi nanas segar juga membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Meski begitu, Anda harus menjauhi terapi ini apabila alergi terhadap buah nanas.

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel merupakan obat memar lainnya yang biasa ditemukan di setiap dapur. Kandungannya yang bersifat anti-inflamasi dapat mengobati pembengkakan.
 
Untuk mengobati memar, cukup campurkan cairan fermentasi ini dengan sedikit air. Rendam kain bersih dalam larutan dan oleskan pada area yang memar selama 10 hingga 15 menit.

5. Minyak lavender

Minyak lavender juga bermanfaat untuk menyembuhkan memar pada kulit. Minyak ini dapat ditoleransi oleh semua jenis kulit dan aman untuk digunakan tanpa dilarutkan dengan cairan lainnya.
 
Untuk menuntaskan memar, Anda hanya butuh mengambil air dingin dan tambahkan 2-3 tetes minyak lavender ke dalamnya. Rendam kain bersih ke dalam air, bilas dan oleskan pada area yang memar.
 
Waspada Penyakit Sinusitis

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif