Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Kesalahan Pemilik Hewan Peliharaan

Rona binatang peliharaan
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Juli 2019 18:20
Bagi Anda yang memiliki atau berniat hewan peliharaan jangan berikan segala makanan yang diinginkan hewan Anda atau makanan yang Anda anggap sehat. Ada sejumlah efek dari makanan yang Anda berikan.
 

Jakarta: Merawat hewan peliharaan bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Anda harus bisa memastikan hewan Anda aman dan nyaman. Bahkan salah cara merawat bisa membahayakan kehidupan si kesayangan Anda itu.
 
Contohnya, meskipun sangat menyayanginya, jangan berikan segala makanan yang diinginkan hewan Anda atau makanan yang Anda anggap sehat. Karena, bisa saja makanan itu tidak baik untuknya. Ketika Anda seorang vegetarian, jangan paksa kucing Anda untuk menjadi vege juga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kucing harus makan daging untuk bertahan hidup. Mereka bergantung pada nutrisi yang hanya ditemukan di jaringan hewan. Anjing mungkin dapat menangani pola makan vegetarian yang seimbang, tetapi periksakan dengan dokter hewan Anda terlebih dahulu. Berikut kesalahan lain yang harus diperhatikan.
Kesalahan Pemilik Hewan Peliharaan
Ilustrasi--Pexels
 
1. Membiarkan mangkuk makanan penuh
 
Ini salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik hewan peliharaan. Masalahnya adalah kucing dan anjing sering makan lebih banyak dari yang mereka butuhkan.
 
Jika makanannya selalu tersedia dalam mangkuk, mereka akan mengambil terlalu banyak kalori dan menambah berat badan. Sebagai gantinya, ikuti saran penyajian pada label makanan hewan peliharaan atau mintalah saran dokter hewan Anda.
 
2. Mengabaikan kutu
 
Setelah berjalan-jalan di taman atau hutan, jangan lupa untuk selalu memeriksa kebersihan hewan peliharaan. Gigitan kutu membuatnya berisiko terkena penyakit Lyme, Rocky Mountain spotted fever atau tifus kutu, dan beberapa penyakit lainnya.
 
Gigitan kutu juga dapat menyebabkan penyakit serius pada kucing dan selanjutnya membahayakan seluruh anggota keluarga Anda. Jika Anda menemukan satu kutu, segera lepaskan dengan pinset, dan berhati-hatilah untuk tidak menghancurkannya. Kemudian, buatlah janji dengan dokter hewan tentang kontrol kutu.
 
3. Mengabaikan Kurap
 
Jika hewan peliharaan Anda tiba-tiba menjadi botak bulat, jamur atau kurap ini bisa disalahkan. Orang bisa mengalaminya ketika jamur atau kurap menyentuh kulit atau bulu anjing atau kucing. Maka sangat penting untuk mengobatinya.
 
Kurap biasanya menyebabkan ruam kemerahan berbentuk cincin pada kulit atau bintik-bintik botak jika menginfeksi kulit kepala. Jika hewan peliharaan Anda mengalami kerontokan rambut, jangan ragu-ragu untuk bawa dia ke dokter hewan.
 
4. Memberikan terlalu sedikit latihan
 
Seperti halnya manusia, hewan peliharaan harus bergerak agar tetap sehat. Tanpa olahraga, mereka cenderung mengalami obesitas yang meningkatkan risiko masalah pernapasan dan masalah persendian.
 
Jumlah latihan yang tepat untuk seekor anjing tergantung pada jenis dan ukurannya, tetapi dokter hewan merekomendasikan setidaknya setengah jam setiap hari. Selain itu, melakukan jalan cepat bersama hewan Anda dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar juga.
 
5. Salah membaca bahasa tubuh
 
Tentu Anda mencintai anjing Anda. Tetapi apakah Anda benar-benar memahaminya? Jika Anda berpikir ekor mengibas selalu pertanda baik, Anda mungkin terkejut dengan faktanya.
 
Ketika seekor anjing ingin mengancam seseorang, ia mungkin memegangi ekornya tinggi-tinggi dan melambaikannya dengan kaku ke depan dan ke belakang. Kesalahan peringatan ini sebagai tanda main-main dan Anda bisa digigit. Untuk menghindari kesalahpahaman, pelajari tentang bahasa tubuh hewan peliharaan Anda dengan seksama setiap harinya.
 
5. Tidak memberi perhatian yang cukup
 
Sama seperti anak-anak, hewan peliharaan Anda akan bosan jika Anda tidak bermain dengan mereka. Hal itu bahkan bisa mengarah pada kebiasaan seperti mengunyah, menggali, menggonggong, dan merengek.
 
Kucing yang bosan mungkin terpaksa menggaruk dan mengeong. Buatlah hal-hal menarik dengan menyembunyikan makanan untuk selanjutnya dicari oleh hewan peliharaan Anda. Berikan mainan kucing untuk dikejar dan ajari anjing untuk bermain petak umpet.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif