Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Normalkah Tali Pusat Lambat Kering dan Lepas?

Rona tumbuh kembang bayi
Anda Nurlaila • 16 Januari 2020 10:18
Jakarta: Tali pusat atau tali pusar pada bayi baru lahir umumnya akan mengering dan lepas atau sering disebut 'puput' setelah beberapa hari hingga dua minggu. Dalam beberapa kejadian, ada ibu yang khawatir akibat tali pusat bayi yang lama kering dan lepas.
 
Bahkan dalam beberapa kasus yang, tali pusat bayi belum juga lepas setelah empat minggu. Apakah ini normal? Dokter anak Alan Greene seperti dilansir Parents mengatakan usia rata-rata tali pusat putus adalah dua minggu.
 
"Tetapi saya sering melihat ada anak-anak yang tali pusarnya lebih lama kering dan lepas," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Greene menegaskan hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tanda-tanda infeksi. Seperti kulit keras dan memerah di sekitar pangkal luka di pusar.
 
Jika kulitnya di sekitar tali pusat terlihat normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi orang tua dapat membawa bayi ke dokter anak untuk memastikan kondisi bayinya.
 
"Dokter anak kadang-kadang akan memberi setetes perak nitrat pada usia sekitar 4 minggu jika tidak tali pusat belum juga lepas. Ini untuk mempercepat pengeringan," kata Greene.
 
Mengoleskan alkohol pada tali pusat bayi, menurut Greene memang membantu mencegah infeksi. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa alkohol memperlambat pengeringan tali pusat dengan membunuh bakteri normal yang hidup di sekitarnya.
 
Satu studi lain yang meneliti mengenai beberapa cara pembersihan tali pusat menemukan bahwa, membersihkan dengan air membuat tali pusar lepas paling cepat. Beberapa hal untuk mempercepat tali pusat mengering adalah menjaganya tetap kering.
 
Setelah mandi dengan membasuhnya dengan kain kasa, tidak perlu menutup tali pusat dengan kain kasa. Dan pastikan popok tidak menutup tali pusat.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif