Ilustrasi- Pexels
Ilustrasi- Pexels

Beberapa Penyebab Sering Buang Air Besar

Rona kesehatan gaya
Raka Lestari • 28 Oktober 2019 14:58
Jakarta: Buang air besar merupakan kegiatan normal yang dialami manusia. Biasanya merasa buang air besar pada pagi hari, atau bisa juga setelah minum kopi.
 
Kapanpun Anda buang air besar, hal itu merupakan sebuah rutinitas yang Anda lakukan setiap hari. Tapi jika intensitas buang air besar lebih sering daripada biasanya, tentu ada rasa kekhawatiran dalam diri.
 
Menurut Kyle Staller, MD, ahli gastroenterologi di  Massachusetts General Hospital, buang air besar lebih dari dua kali sehari bisa menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu membuat Anda panik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Salah satu penyebab yang paling umum mungkin karena intoleransi makanan. Tepatnya, ketika Anda memakan makanan sesuatu yang tidak cocok untuk perut Anda,” kata Dr Staller.
 
Namun selain alasan tersebut, ada beberapa alasan lain yang mungkin menyebabkan Anda buang air besar lebih sering dari biasanya. Apa saja itu:

Mulai makan makanan sehat

Menurut Rudy Bedford, MD, ahli gastroenterologi di Providence Saint John’s Health Center, California, salah satu alasan umum mengapa seseorang buang air besar lebih sering dari biasanya adalah karena mereka mengonsumsi lebih banyak serat. Jadi, jika Anda merasa buang air besar lebih sering setelah lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran itu bisa menjadi efeknya.

Terkena infeksi

Menurut Dr Staller, infeksi virus dan bakteri seperti flu hingga E.coli dapat menyebabkan Anda buang air besar lebih sering dari biasanya. Bahkan diare yang berlebihan.
 
Ketika Anda demam, normal jika terdapat darah pada kotoran Anda. Namun meski demikian, Anda tetap harus memeriksanya ke dokter.

Meningkatkan intensitas olahraga

Meningkatkan rutinitas olahraga Anda dibandingkan biasanya dapat menyebabkan Anda lebih sering buang air besar. Menurut Dr Bedford, alasannya karena olahraga dapat meningkatkan kontraksi di usus besar. Sehingga tubuh Anda bekerja lebih cepat dari biasanya. Itu sebabnya dokter menyuruh Anda untuk meningkatkan intensitas olahraga jika Anda mengalami konstipasi.

Anda mengalami IBS

Sindrom usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS) merupakan hal yang tidak main-main. Dr Staller mengatakan bahwa itu sering terjadi pada wanita usia muda.
 
Kondisi tersebut merupakan gangguan usus yang menyebabkan rasa sakit di perut, gas, dan kram, juga bisa membuat Anda lebih sering buang air besar.
 
“Pasien biasanya merasakan sakit perut dan kram yang tiba-tiba berkaitan dengan konstipasi atau diare,” ujar Dr Staller.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif