5 Obat Rumahan Ini Bantu Mempercepat Penyembuhan Flu
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Cuaca dingin rentan menjadi penyebab penyakit seperti batuk, pilek, dan gangguan tenggorokan. Penyakit musiman ini memang tidak berbahaya, tetapi bisa sangat menurunkan produktivitas Anda dalam beraktivitas.

Jika Anda sudah terlanjur terkena flu dan batuk, berobat ke dokter menjadi langkah awal yang baik untuk mempercepat penyembuhan. Namun, perhatikan juga asupan makanan Anda.

Dilansir dari Women's Health, lima makanan ini baik untuk mempercepat penyembuhan di kala flu atau batuk.



1. Sup ayam untuk menyembuhkan pilek

Donald Ford, M.D., dokter obat keluarga di Cleveland Clinic, mengatakan cairan hangat dan rasa asin yang dihasilkan oleh sup ayam akan membuat Anda tetap terhidrasi dan membantu mengeluarkan lendir pada hidung.

2. Madu untuk tenggorokan gatal dan batuk

Dibandingkan dengan beberapa obat  batuk, madu bisa sama efektifnya dalam mengurangi frekuensi dan beratnya batuk. "Anda bisa menggunakan apapun untuk meredakan tenggorokan, dan madu bekerja dengan baik." ujar Ford.

3. Berkumur dengan air garam untuk meredakan sakit tenggorokan

"Hidrasi adalah kunci, dan menambahkan sedikit garam di dalam air membantu cairan keluar," kata Ford. "Aku biasanya menyarankan untuk menggunakan satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam satu gelas penuh air hangat."

4. Peppermint tea dapat meredakan sakit perut

Peppermint bisa mengendurkan otot polos di saluran lambung kita," kata Ford. "Dapat meringankan sensasi rasa sakit, tapi juga dapat membuka bagian atas perut yang dapat menyebabkan asam lambung naik ke atas. Sehingga bagi Anda penderita asam lambung mempertimbangkan jika ingin menngonsumsi peppermint.

5. Mengganjal kepala dengan bantal untuk meredakan sinus

Beberapa bantal yang ditinggikan  dapat membuat pernapasan lebih nyaman dan mengurangi tekanan sinus dengan melegakan hidung dan tenggorokan.



 



(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id