Perlu atau tidak Anda selalu ganti baju sehabis dari luar dalam kondisi wabah virus korona covid-19 ini? Simak penjelasan pakar berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Perlu atau tidak Anda selalu ganti baju sehabis dari luar dalam kondisi wabah virus korona covid-19 ini? Simak penjelasan pakar berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Perlukah Mengganti Baju Setiap Habis Keluar Rumah?

Rona kesehatan Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 27 Maret 2020 14:47
Jakarta: Melakukan jarak sosial atau social distancing atau saat ini disebut juga physical distancing, dan sebisa mungkin berada di rumah selama tidak ada keperluan mendesak merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19. 
 
Akan tetapi, ketika harus membeli kebutuhan bahan makanan seperti ke supermarket atau pasar mengharuskan kita untuk pergi keluar rumah. Lalu, apakah harus selalu mengganti baju yang dipakai setiap kali sehabis dari luar rumah?
 
Dr Amy Edwards, dokter spesialis penyakit menular dari Ohio menjelaskan bahwa jika memang harus pergi ke luar rumah melakukannya dengan cermat dan membatasi perjalanan yang mengharuskan Anda keluar rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Berbelanja kebutuhan hidup sangat diperbolehkan, akan tetapi mungkin sebaiknya mengurangi jumlahnya menjadi satu minggu sekali. Dengan menuliskan rencana makanan mingguan dan membuat daftar barang-barang yang akan dibeli sekaligus maka Anda tidak perlu bolak balik ke supermarket untuk membeli barang yang terlupakan,” ujar Dr Edwards.
 
Dia juga memperingatkan untuk tidak melupakan praktik belanja yang aman, seperti membersihkan gagang troli yang akan digunakan dan tetap melakukan praktik jaga jarak mininal satu meter. 
 
Dr Edwards juga menambahkan bahwa mengganti pakaian dari luar rumah tidak begitu diperlukan kecuali jika Anda adalah seorang dokter, perawat, atau tenaga medis yang baru pulang dari tempat kerja.
 
“Gunakan hand sanitizer setiap habis berbelanja kebutuhan rumah dan kemudian cuci tangan Anda setelah menyimapn bahan makanan,” saran Dr Edwards. Ia juga menyarankan untuk selalu memathui aturan pihak yang berwenang untuk melakukan kontrol terhadap virus.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif