Anda perlu melakukan pemeriksaan ketika anak mengeluh merasa sakit atau nyeri pada perut kanan bagian bawah. (Foto: Caroline Hernandez/Unsplash.com)
Anda perlu melakukan pemeriksaan ketika anak mengeluh merasa sakit atau nyeri pada perut kanan bagian bawah. (Foto: Caroline Hernandez/Unsplash.com)

Tanda-tanda Penyakit Usus Buntu pada Anak

Rona usus buntu
Sunnaholomi Halakrispen • 15 Februari 2019 06:55
Jakarta: Sulitnya mengetahui tanda penyakit usus buntu pada anak. Namun, Anda sebagai orang tua sebaiknya tetap waspada soal tumbuh kembang anak, begitu juga pertanda penyakit yang rentan satu ini.
 
Anda perlu melakukan pemeriksaan ketika anak mengeluh merasa sakit atau nyeri pada perut kanan bagian bawah. Rasa sakit itu mungkin saja pertanda penyakit usus buntu.
 
"Nyeri di area perut kanan bawah, kemudian pada anak jalannya sedikit agak miring. Ini karena dia menahan rasa sakit. Tapi bisa juga tidak jelas, bisa sekedar nyeri saja," ujar Dr. dr. Jo Edy Siswanto Sp.A(K) dari Rumah Sakit Royal Taruma, Jakarta kepada Medcom.id.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, juga patut diwaspadai ketika ditekan perut kiri tapi terasa nyeri di lokasi perut yang berbeda. Rasa sakit di perut bagian kanan bawah tersebut lantaran telah terjadinya pembengkakan dan peradangan. 
 
(Baca juga: Empat Cara Meningkatkan Kesehatan Usus Anak)
 
Tanda-tanda Penyakit Usus Buntu pada Anak
(Anda perlu melakukan pemeriksaan ketika anak mengeluh merasa sakit atau nyeri pada perut kanan bagian bawah. Rasa sakit itu mungkin saja pertanda penyakit usus buntu. Foto: Pan Xiaozhen/Unsplash.com)
 
Jika kondisi ini tidak ditangani segera oleh dokter terkait, bisa saja terjadi iritasi pada dinding perut. Maka jangan tunda waktu untuk periksa kondisi anak Anda ke dokter.
 
"Dokter juga akan melakukan pemeriksaan rectal tuse, bisa melihat nyeri di sekitar jam 11-an. Itu khas sekali bahwa ada kelainan usus buntu," tuturnya.
 
Tanda lainnya ialah nyeri di bagian ulu hati. Sebab, adanya perluasan nyeri dari perut kanan bawah. 
 
Anak bisa saja demam ringan, merasa mual, muntah, hingga tidak nafsu makan. Ketika apendisitis atau kelainan usus buntu semakin parah, Dr. Jo menyarankan agar Anda segera melakukan operasi agar tidak menjalar lebih luas.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif