Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh. (Foto: Yatin Suleha/Medcom.id)
Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh. (Foto: Yatin Suleha/Medcom.id)

Direktur Regional WHO Asia Tenggara Puji Puskesmas Kecamatan Jatinegara

Rona puskesmas
Yatin Suleha • 21 Maret 2019 17:53
Jakarta: Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah salah satu sarana pelayanan kesehatan masyarakat yang amat penting di Indonesia. Puskesmas juga menjadi unit pelaksana teknis dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja (Depkes, 2011).
 
Dan Rabu, 20 Maret 2019 bertempat di Puskemas Kecamatan Jatinegara, Direktur Regional WHO untuk Asia Tenggara, Dr Poonam Khetrapal Singh, melakukan kunjungan lapangan yang tujuannya untuk melakukan observasi secara langsung, terkait sistem layanan yang ada di Puskesmas Kecamatan Jatinegara.
 
"Saya sangat senang berada di sini. Dan kesempatan ini akan saya ingat selamanya," buka Dr Poonam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan bahwa telah melihat Puskesmas lainnya. Tapi ada fasilitas di Puskesmas Jatinegara yang tidak ditemukan di puskesmas lain. Dr Poonam menyebutkan misalnya ada fasilitas laboratorium, layanan kesehatan ibu dan anak, serta dokter yang sangat berkomitmen terhadap tugasnya.
 
Direktur Regional WHO Asia Tenggara Puji Puskesmas Kecamatan Jatinegara
Suasana Puskesmas Kecamatan Jatinegara saat dikunjungi Dr. Poonam (Foto: Yatin Suleha/Medcom.id)
 
"Saya melihat ada ruangan terpisah untuk menyusui dan juga ada ruangan terpisah untuk ruangan anak selama menunggu. Hal-hal seperti ini tidak selalu ditemukan di negara-negara lainnya," puji Dr Poonam.
 
WHO saat ini sedang berfokus pada layanan keluarga. Dan layanan ini menurut Dr Poonam merupakan salah satu elemen yang penting dalam sektor kesehatan.
 
"Saya mengucapkan selamat pada Puskesmas Jatinegara (atas berbagai fasilitas yang ada). Puskesmas mencakup wilayah kependudukan 300 ribu. Tapi di Jatinegara rupanya 360 ribu," ucap Dr Poonam.
 
Direktur Regional WHO Asia Tenggara Puji Puskesmas Kecamatan Jatinegara
Salah satu keunggulan Puskesmas Jatinegara di mata Dr Poonam adalah ruangan terpisah untuk menyusui dan juga ada ruangan terpisah untuk ruangan anak selama menunggu. (Foto: Yatin Suleha/Medcom.id)
 
Walau Puskesmas Jatinegara cakupan wilayah kependudukannya mencapai 360 ribu, pelayanan dasar seperti pelayanan umum, gigi, ibu dan anak, serta lainnya berjalan dengan baik.
 
Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Ma'mun juga merasa sangat bangga atas pujian yang terlontar dari Dr Poonam.
 
"Sangat bangga sekali (atas pujian Dr Poonam). Apalagi dia bukan orang sembarangan. Walau kunjungan yang dilakukan mendadak kami tanpa persiapan," sahut Ma'mun.
 
Tapi ia merasa kegiatan yang sudah berjalan setiap hari di Puskesmas Jatinegara berjalan dengan baik serta ia memaparkan ke depannya akan meningkatkan program yang sudah ada. Salah satu fasilitas yang ada di Puskesmas Jatinegara sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan 75, yaitu membangun ruangan khusus TB  (Tuberkulosis), serta pemisahan ruangan TB dan HIV. "Karena tidak boleh gabung. Isolasi," pungkas Ma'mun.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif