Instagram didukung dengan kecerdasan buatan dapat mengirimkan notifikasi atau peringatan kepada pengguna, saat mereka akan memposting komentar yang sifatnya ofensif. (Foto: Pexels.com)
Instagram didukung dengan kecerdasan buatan dapat mengirimkan notifikasi atau peringatan kepada pengguna, saat mereka akan memposting komentar yang sifatnya ofensif. (Foto: Pexels.com)

Instagram Keluarkan Fitur Anti Perundungan

Rona anti perundungan
Sunnaholomi Halakrispen • 09 Juli 2019 19:00
Head of Instagram Adam Mosseri mengeluarkan kebijakan soal perundungan atau bullying di dalam Instagram. Ia memaparkan, Instagram memiliki misi menghubungkan antara Anda dengan orang lainnya dan hal yang Anda sukai. Namun, misi tersebut hanya akan berhasil jika para pengguna merasa nyaman saat mengekspresikan diri di Instagram.
 

Jakarta: Perilaku perundungan dalam media sosial masih terjadi. Lantaran demikian, pihak Instagram berkomitmen untuk memimpin perlawanan terhadap perundungan online agar mencegah lebih banyak kasus.
 
"Instagram tahu bahwa perundungan adalah tantangan yang dihadapi banyak orang, khususnya kaum muda. Instagram berkomitmen untuk memimpin industri ini dalam melakukan perlawanan terhadap perundungan online dan mempertimbangkan kembali pengalaman yang ada di Instagram secara keseluruhan guna mencapai komitmen tersebut," ujar Head of Instagram Adam Mosseri di Jakarta. 
 
Ia memaparkan, Instagram memiliki misi menghubungkan antara Anda dengan orang lainnya dan hal yang Anda sukai. Namun, misi tersebut hanya akan berhasil jika para pengguna merasa nyaman saat mengekspresikan diri di Instagram.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Langkah selanjutnya, kata Adam, percaya bahwa masih ada yang bisa dilakukan untuk mencegah lebih banyak kasus perundungan. Juga dalam rangka mendukung korban agar bisa membela diri.
 
"Hari ini, kami mengumumkan fitur baru yang dapat menjawab kedua hal tersebut. Fitur ini dirancang berdasarkan pemahaman mendalam tentang bagaimana orang biasanya melakukan perundungan dan bagaimana mereka merespons perilaku perundungan di Instagram," tuturnya.
 
Akan tetapi, pemahaman tersebut hanya bagian awal dari upaya panjang melawan perundungan. Sebab, perundungan online merupakan masalah yang kompleks.
 
Instagram berkomitmen mendorong interaksi positif. Beberapa tahun terakhir, digunakan teknologi kecerdasan buatan dalam mendeteksi perundungan dan jenis konten berbahaya, seperti tulisan dalam kolom komentar, foto, dan video. 
 
Instagram Keluarkan Fitur Anti Perundungan
(Instagram rilis fitur anti perundungan. Intervensi ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mempertimbangkan kembali dan mengurungkan komentar mereka sehingga mencegah penerima mendapatkan notifikasi komentar yang menyakitkan. Foto: Dok. Instagram)
 
Kemudian, Instagram juga akan terus meningkatkan investasi dalam hal teknologi. Hal ini menjadi hal yang sangat penting bagi para remaja yang cenderung enggan melaporkan kasus perundungan online. Meskipun, remaja menjadi pihak yang paling sering mengalami perundungan. 
 
Ada fitur baru selama beberapa hari terakhir. Didukung oleh kecerdasan buatan untuk dapat mengirimkan notifikasi atau peringatan kepada pengguna, saat mereka akan memposting komentar yang sifatnya ofensif. Dengan kata lain, akan terdeteksi.
 
"Intervensi ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mempertimbangkan kembali dan mengurungkan komentar mereka sehingga mencegah penerima mendapatkan notifikasi komentar yang menyakitkan."
 
"Sejak uji coba awal fitur ini, Instagram menemukan bahwa fitur ini mendorong sebagian orang mengurungkan komentar ofensif mereka dan membagikan hal yang sifatnya lebih baik setelah mereka melakukan refleksi diri," papar Adam.
 
Selain itu, bisa melindungi akun Anda dari interaksi yang tidak diinginkan dengan pembatasan (restrict).
 
Fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol pengalaman Instagram mereka, tanpa memberi tahu orang yang mungkin menargetkan mereka sebagai target perundungan. Akan ada uji coba dalam waktu dekat untuk fitur baru ini. 
 
"Setelah Anda membatasi seseorang, ketika orang tersebut meninggalkan komentar di postingan Anda, maka komentar tersebut hanya dapat dilihat oleh orang tersebut. Anda dapat memilih untuk memperlihatkan komentar orang yang dibatasi kepada orang lain dengan cara menyetujui komentar mereka," pungkasnya.
 
Terlebih, orang yang telah dibatasi oleh Anda, tidak dapat melihat apakah Anda sedang aktif Instagram atau telah membaca pesan mereka. Adam menjelaskan, fitur baru tersebut sebagai salah satu bentuk tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman di Instagram. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif