Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat kebanjiran. (Foto: Pexels.com)
Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat kebanjiran. (Foto: Pexels.com)

Yang Perlu Anda Lakukan Saat Kebanjiran

Rona banjir jakarta Jakarta Banjir tips saat banjir
Kumara Anggita • 02 Januari 2020 15:41
Jakarta: Ketika Anda berada di lokasi banjir, Anda berisiko terkena hal-hal yang membahayakan nyawa dan kesehatan Anda. Karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal dasar yang perlu Anda lakukan saat banjir melanda.
 
Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat kebanjiran seperti dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan:

1. Hindari berjalan di dekat saluran air 

Saluran air menjadi berbahaya karena arus banjir yang kuat mampu menyeret Anda. Karena itu, pastikan Anda berada di titik-titik yang aman, jauh dari saluran air. Mengungsi jika terlihat hujan terus turun dan rumah mulai tergenang.

2. Matikan aliran listrik di dalam rumah

Banjir membuat air bisa meraih tempat-tempat yang memiliki aliran listrik. Tentunya ini sangat bahaya. Karena itu, Anda harus segera matikan aliran listrik Anda atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena bencana. Jangan sampai menyentuh kabel-kabel yang jatuh atau tiang listrik. 

3. Jangan minum atau memasak dengan air banjir

Air banjir bukanlah air yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari karena sudah terkontaminasi dengan zat-zat yang merugikan tubuh. Sediakanlah bak penyimpanan air di tempat yang aman sebelum banjir datang dan pakailah air dari sana saja.

4. Jangan berjalan-jalan di kawasan banjir

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh warga yang terkena banjir. Mungkin Anda bosan atau bahkan ingin membuat hiburan dari fenomena ini, namun hindari berjalan-jalan, melihat-lihat, berenang-renang di kawasan bajir, baik dengan rakit maupun berjalan kaki. Anda tidak tahu apa yang ada di genangan tersebut.

5. Hubungi instansi terkait

Jika air terus meninggi hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana seperti Kantor Kepala Desa, Lurah ataupun Camat. 
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif