NEWSTICKER
    Daun saga. Foto: Pexels
    Daun saga. Foto: Pexels

    3 Manfaat Daun Saga untuk Kesehatan

    Rona pengobatan rumahan Obat obat herbal kesehatan
    Putri Purnama Sari • 24 November 2022 11:47
    Sistem pengobatan tradisional saat ini masih banyak mendapatkan perhatian masyarakat pada umumnya karena masih terus digunakan dan berdampingan dengan sistem pengobatan modern.
     
    Pengobatan tradisional juga biasanya menggunakan bahan dasar tanaman atau yang biasa disebut sebagai tanaman obat. Tanaman obat adalah tumbuhan yang salah satu atau seluruh bagian pada tumbuhan tersebut mengandung zat aktif yang berkhasiat bagi kesehatan yang dapat dimanfaatkan sebagai penyembuh penyakit.
     
    Meskipun jarang diketahui orang, salah satu tanaman obat yang banyak manfaatnya untuk kesehatan adalah Daun Saga. Daun Saga atau yang mempunyai nama latin Abrus precatorius Linn adalah tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal.

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Daun saga atau yang dikenal dengan Rosary Pea adalah salah satu jenis tanaman polong dengan ciri-ciri daun berbentuk kecil, majemuk dan bersirip ganjil. Tanaman ini juga memiliki buah polong berwarna merah dengan bintik hitam dan bunga berwarna ungu muda.
     
    Baca: 8 Tanaman Obat yang Bisa Tumbuh di Dalam Rumah
     

    Manfaat Daun Saga

    Dilansir dari berbagai sumber, daun saga berkhasiat sebagai obat sariawan, obat batuk dan obat radang tenggorokan karena daun saga memiliki beberapa kandungan seperti antipiretik (penurun demam), anti catarrhal (penghilang kelebihan lendir dari tubuh), ekspektoran (pereda batuk), dan diuretik (membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine). Berikut adalah manfaat daun saga untuk kesehatan:

    1. Obat sariawan

    Sariawan memang bukan penyakit yang serius, tapi kondisi ini sangatlah mengganggu karena menyulitkan untuk makan dan berbicara. Untuk itu sangat diperlukan obat untuk menyembuhkan sariawan.
     
    Bila dikombinasikan dengan daun sirih, daun saga bisa menjadi obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi sariawan. Manfaat daun saga ini berasal dari beberapa bahan aktif abrus lactone, asam abrusgenat, dan turunan metilnya. Daunnya juga mengandung glycyrrhizin, yaitu senyawa yang bersifat antiinflamasi. 
     
    Daun saga sebagai obat sariawan digunakan dengan cara dikunyah langsung, kemudian cairan ekstrak digunakan untuk kumur-kumur dan ditelan.

    2. Obat batuk

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun saga bisa menjadi obat batuk alami. Hal itu berkat sifat antitusifnya yang bisa membantu meredakan batuk dengan cara menghambat daerah koordinasi bagian batang otak, lalu mengubah refleks batuk. 
     
    Kandungan ekspektoran dalam daun saga juga bisa membantu menghilangkan dahak atau kelebihan mukus dari saluran pernapasan, sehingga bisa membantu meredakan batuk dan juga pilek.
     
    Daun saga sebagai obat batuk pilek dapat dikonsumsi dengan cara direbus lalu air rebusannya dapat dibuat teh.

    3. Mengatasi radang tenggorokan

    Daun saga memiliki berbagai efek terapi anti inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dan radang pada tenggorokan. Orang zaman dulu mengkonsumsi ekstrak atau sari daun saga untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. 
     
    Cara mengolah daun saga sebagai obat radang tenggorokan adalah dengan cara meminum air rebusan daun saga.
     
     
    (WAN)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif