Selenium yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. (Foto: Brett/Pexels)
Selenium yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. (Foto: Brett/Pexels)

Beragam Khasiat Biji Bunga Matahari

Rona makanan sehat
Medcom • 19 September 2019 08:15
Jakarta: Apakah Anda sedang mencari camilan sehat? Segenggam biji bunga matahari atau sering dikenal dengan kuaci bisa menjadi pilihannya. Meskipun tidak sepopuler biji chia dan rami, biji bunga matahari memiliki banyak kualitas yang patut disoroti.
 
Mencicipi biji bunga matahari dengan tekstur keras, namun lembut dapat mengatasi rasa lapar Anda dan memberikan banyak nutrisi pada saat yang sama. Biji bunga matahari tersedia di pasar lokal Anda sepanjang tahun.

-Mengenal biji bunga matahari

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan biji bunga matahari. Sebenarnya, biji bunga matahari adalah 'buah' dari bunga matahari, bunga-bunga besar hitam dan kuning yang indah dan sering muncul di karangan bunga.
 
Bunga tersebut menghasilkan 'buah' berwarna keabu-abuan atau hitam yang terbungkus dalam cangkang kelabu atau hitam yang robek, seringkali menampilkan garis-garis hitam dan putih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


'Buah' kering bertekstur agak keras itu membuatnya sulit dibedakan dengan biji bunga matahari, meskipun biji yang sesungguhnya terletak di dalam, terlindung oleh buah yang menyerupai tempurung.
 
Biji bunga matahari dipanen dan dikeringkan, kemudian disiapkan untuk menjadi camilan lezat Anda dan keluarga yang dikenal juga dengan kuaci.

-Nutrisi biji bunga matahari

"Biji bunga matahari adalah sumber vitamin E, magnesium dan selenium yang sangat baik, nutrisi yang sering kurang dalam makanan kita," kata Sonya Angelone, RD, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet, seperti dilansir Women's Health.
 
Selain itu, 'buah' ini memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi. Dan merupakan salah satu sumber utama minyak tak jenuh ganda.
 
Berikut adalah informasi nutrisi untuk satu cangkir biji bunga matahari dengan cangkang, per Database Nutrisi USDA:
 
-269 kalori
-9.5 gram protein
-24 gram lemak
-9 gram karbohidrat
-4 gram serat
-1 gram gula
 
Dan untuk satu cangkir biji bunga matahari yang dikupas:
 
-818 kalori
-29 gram protein
-72 gram lemak
-28 gram karbohidrat
-12 gram serat
-3.7 gram gula

-Bagaimana perbandingan biji bunga matahari dengan biji lainnya?

Seperti biji populer lainnya meskipun tinggi kalori, biji bunga matahari menyediakan banyak protein nabati, lemak sehat, dan serat. Memakannya tanpa cangkang dan akan memberikan lebih banyak protein dan serat daripada biji rami.
 
Biji bunga matahari juga menyediakan zat besi sebanyak biji rami dan biji chia, namun tidak dengan tinggi kalsiumnya.

-Jadi, apakah biji bunga matahari sehat?

Biji bunga matahari kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari yang dikupas biasanya satu ons, yaitu sekitar 1/4 cangkir atau empat sendok makan (satu hingga dua porsi seukuran ibu jari).
 
Menurut Angelone, biji bunga matahari itu menyehatkan, bergizi, nyaman, lezat, dan dapat digunakan dengan berbagai cara. Berikut adalah banyak alasan lain mengapa benih ini dapat bermanfaat bagi Anda seperti dilansir women's health:
 
1. Baik untuk jantung
 
Biji bunga matahari sangat tinggi lemak sehat. Satu porsi menghasilkan 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.
 
"Lemak ini menunjukkan manfaat kesehatan yang signifikan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey.
 
2. Bantu kenyang lebih lama
 
"Satu porsi biji juga mengandung sekitar 6 gram protein dan 2,5 gram serat. Lemak, serat, dan protein memainkan peran penting dalam rasa kenyang, perasaan kenyang," kata Rumsey.
 
3. Membantu menurunkan kolesterol
 
Angelone mengatakan, biji bunga matahari memiliki senyawa nabati yang disebut fitosterol yang membantu menurunkan kolesterol.
 
Fitosterol secara struktural mirip dengan jenis kolesterol yang buruk bagi tubuh Anda, jadi ketika Anda memakannya, mereka sebenarnya bersaing dengan kolesterol itu untuk penyerapan dalam saluran pencernaan Anda.
 
4. Sumber antioksidan yang baik
 
Kata Jessica Cording, RD ahli diet yang berbasis di New York, biji bunga matahari adalah sumber vitamin E yang memiliki sifat antioksidan.
 
"Vitamin E bergerak melalui tubuh dan menetralkan bahan kimia berbahaya dalam tubuh yang dapat merusak sel, vitamin E juga membantu mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah," jelas Angelone.
 
Selenium yang ditemukan dalam biji bunga matahari juga bertindak sebagai antioksidan dan dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. "Ini juga merupakan komponen enzim antioksidan yang dapat membantu mencegah pembelahan sel kanker," tegas Angelone.
 
Sandra Odilifia
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif