Memijat kulit kepala dengan lembut dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, akar rambut, yang merupakan satu-satunya bagian rambut yang hidup. (Foto Ilustrasi: Pexels)
Memijat kulit kepala dengan lembut dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, akar rambut, yang merupakan satu-satunya bagian rambut yang hidup. (Foto Ilustrasi: Pexels)

Manfaat Memijat Kulit Kepala

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 30 Juni 2019 17:10
Memijat kulit kepala selama empat menit sehari ternyata dapat meningkatkan aktivitas gen yang bermanfaat. Sementara cara mudah untuk memijat kulit kepala, yaitu dapat dilakukan saat Anda keramas di kamar mandi, atau sesaat sebelum keramas.
 

Jakarta:
Masalah kerontokan rambut bukan hanya dialami para pria. Faktanya, menurut American Hair Loss Association sebanyak 40 persen wanita juga mengalami kerontokan rambut.
 
Jika Anda mulai menyadari rambut mulai rontok, cobalah untuk melakukan salah satu cara. Yaitu dengan melakukan pijatan di kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melakukan pijatan pada kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan ke folikel rambut," jelas Debra Jaliman, MD, seorang dokter kulit di Manhattan dan penulis buku Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist.
 
Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari 2016 di ePlasty menunjukkan bahwa, memijat kulit kepala selama empat menit sehari dapat meningkatkan aktivitas gen yang bermanfaat. Terutama untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi aktivitas gen yang terkait dengan kerontokan rambut.
 
"Memijat kulit kepala dengan lembut dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, akar rambut, yang merupakan satu-satunya bagian rambut yang hidup," kata Abraham Armani, MD, direktur medis di Armani Medical Hair Restoration.
 
"Memijat kulit kepala dapat memperlebar arteri yang sangat kecil di dalam kulit kepala. Sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan dapat memperpanjang siklus pertumbuhan rambut," terangnya.
 
Memijat kulit kepala, selain untuk mencegah kerontokan rambut juga dapat mengurangi stres.
 
"Tidak hanya meningkatkan sirkulasi darah di permukaan kulit dan memberikan lebih banyak nutrisi, memijat kulit kepala juga dapat menenangkan pikiran," tambah Dr Jaliman.
 
Sebuah studi dalam Journal of Physical Therapy Science edisi Oktober 2016 mendukung hal ini. Ditemukan bahwa pijatan kulit kepala dua kali seminggu menurunkan kadar hormon stres, tekanan darah, dan detak jantung, yang semuanya diketahui meningkat, selama masa stres baik itu emosional atau pun fisik.
 
Jessie Cheung, MD, direktur Jessie Cheung MD Dermatology & Laser Center, Illinois menyarankan cara mudah untuk memijat kulit kepala. Yaitu dapat dilakukan saat Anda keramas di kamar mandi, atau sesaat sebelum keramas. Lakukan pijatan setidaknya tiga menit dengan kedua tangan Anda untuk mencakup area permukaan kulit secara keseluruhan.
 
Tidak perlu menggunakan minyak atau serum tertentu. Aroma yang menenangkan seperti lavender, dan aroma yang menyegarkan seperti eucalyptus atau mint akan menambah dorongan peredaran darah.
 
Kulit Lembap Make Up Maksimal

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif