Anda harus mengulangi kalimat-kalimat positif dan membangun kepada diri sendiri secara rutin setiap hari. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Anda harus mengulangi kalimat-kalimat positif dan membangun kepada diri sendiri secara rutin setiap hari. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Mantra Diri agar Jadi Berani Serta Positif

Rona psikologi kesehatan mental
Kumara Anggita • 18 Mei 2020 08:00
Jakarta: Semua orang punya keinginan untuk menjadi berani, positif, percaya diri atau apapun itu. Hal ini dilakukan dengan melakukan banyak hal misalnya dengan baca buku, beli pakaian bagus, ikut pelatihan dan masih banyak lagi.
 
Namun ternyata jawabannya bukan itu. Dilansir dari Psychology Today, Nick Morgan Ph.D. menejelaskan bahwa kuncinya adalah mengendalikan ketidaksadaran Anda.
 
Untuk melatihnya dibutuhkan disiplin dan kesabaran. Ini dimulai dengan berpikir sesuai dengan apa yang Anda tuju. Bila Anda ingin berani, berpikirlah bahwa saat ini memang Anda sudah berani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu pula jika Anda ingin tampil percaya diri. Pikirkanlah bahwa memang Anda sudah menjadi sosok yang bagus dan pantas di suatu lingkungan. 
 
Mulailah berpikir seperti, “Saya senang ketika saya berbicara dengan orang asing karena ini adalah kesempatan luar biasa untuk mendapatkan teman baru dan menyebarkan berita tentang tujuan saya. Sangat menyenangkan.”
 
Morgan menegaskan bahwa Anda harus mengulangi kalimat-kalimat membangun seperti itu kepada diri sendiri setiap kesempatan yang Anda dapatkan namun lebih intens ketika Anda tertidur, bangun. Jauhkan keraguan atau kekhawatiran tentang kapasitas Anda.
 
Lakukan ini selama tiga minggu, atau sebulan, dan Anda akan menjadi lebih berwibawa, percaya diri, atau apa pun yang sedang Anda garap. Dalam tiga bulan, Anda akan menemukan bahwa Anda dengan mudah menghadapi situasi baru yang sebelumnya menghambat Anda di masa lalu.
 
Seberapa cepat Anda melakukannya akan ditentukan oleh seberapa dalam ketakutan lama itu, seberapa sering Anda mengucapkan mantra Anda, dan seberapa sering Anda menetralisir pikiran negatif ketika muncul. 
 
“Ini adalah kesempatan Anda untuk bertanggung jawab atas komunikasi Anda, kepribadian Anda,” ujarnya. “Ambil alih dan jadilah versi terbaik dari diri Anda,” tutupnya.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif