Diisolasi bisa bikin depresi? Berikut informasi dari ?Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Diisolasi bisa bikin depresi? Berikut informasi dari ?Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Diisolasi karena Penyakit Bisa Bikin Depresi?

Rona virus korona psikologi depresi virus corona
Kumara Anggita • 28 Januari 2020 11:36
Jakarta: Saat ini novel Coronavirus (nCov) atau virus Korona bikin gempar masyarakat dunia. Siapa pun yang diduga membawa virus ini akan langsung diisolasi agar diberikan penanganan yang tepat dan tidak menularkan ke lebih banyak orang.
 
Walaupun ini adalah tindakan yang tepat namun ada pula efek negatif yang timbul pada orang yang diisolasi. Gejala depresi bisa terjadi. Berikut penjelasannya lebih lanjut oleh Psikolog Klinis Dewasa, Yulius Steven, M.Psi., Psikolog, dari Sahabat Kariib. 
 
“Diisolasi artinya dipisahkan dari kelompok-kelompol lain. Misalnya karena kita diduga punya penyakit menular. Tujuannya biar tak tertular. Kalau tempat tinggal kita diisoasi apakah kita depresi, tentu saja bisa,” ujarnya saat dihubungi Medcom.id. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini karena manusia punya kebutuhan untuk bersosialisasi dengan manusia lainnya. Tak hanya itu, orang semakin depresi saat menerima bentuk teror terkait penyakit tersebut.
 
“Karena ‘kita seseorang yang sehat’ kita perlu bersosialisasi, perlu untuk keluar. Ini (terisolasi) bikin depresi. Kita tidak mendapatkan kebutuhan untuk bersosialisasi. Ditambah dengan teror-teror penyakit menular yang semakin buat kita stressful. Itu pada akhirnya kita depresi,” lanjutnya. 
 
Selain depresi, ada pula gangguan psikologis lainnya yang bisa terjadi pada orang yang depresi. “Bukan hanya depresi namun juga kecemasan, perasaan yang tidak psti, perasaan tidak aman. Itu semua campur aduk,” jelasnya. 
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif