Memberikan otak Anda pengalaman baru dikombinasikan dengan pancaindra, dapat menghasilkan emosional yang dapat merangsang lebih banyak koneksi di area otak. (Foto: Meo/Pexels)
Memberikan otak Anda pengalaman baru dikombinasikan dengan pancaindra, dapat menghasilkan emosional yang dapat merangsang lebih banyak koneksi di area otak. (Foto: Meo/Pexels)

5 Kegiatan yang Baik untuk Otak Anda

Rona tes otak
Raka Lestari • 12 Agustus 2019 12:07
Otak butuh aktivitas yang tak biasa, sehingga mampu mengembangkan otak Anda. Lakukanlah kegiatan yang juga melibatkan pancaindra Anda sehingga meningkatkan kemampuan berpikir Anda.
 
Jakarta: Memberikan otak Anda pengalaman baru dikombinasikan dengan pancaindra, dapat menghasilkan emosional yang dapat merangsang lebih banyak koneksi di area otak yang berbeda. Terciptalah sel-sel saraf yang menghasilkan nutrisi otak alami, yang dapat membantu sel otak menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan.
 
Dilansir dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa latihan otak yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir:

1. Menggosok gigi dengan tangan non-dominan

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan sisi berlawanan dari otak Anda, seperti dalam latihan ini, dapat menghasilkan perkembangan yang penting pada bagian korteks. Bagian korteks berfungsi untuk mengontrol dan memproses informasi sentuhan dari tangan.

2. Mandi dengan mata tertutup

Dengan menutup mata, maka tangan Anda akan lebih bisa merasakan berbagai jenis tekstur yang ada pada tubuh yang tidak terlihat. Sehingga akan mengirim pesan kembali ke otak Anda. Gunakan indra peraba Anda untuk meenyentuh bagian-bagian tubuh dan rasakan sensasinya.

3. Ubah kebiasaan Anda pada pagi hari

Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa melakukan tugas-tugas baru dapat melatih area korteks menjadi lebih luas. Menunjukkan peningkatan level aktivitas otak di beberapa area  berbeda. Aktivitas ini akan menurun ketika Anda melakukan tugas yang dilakukan secara rutin.

4. Membalikkan benda-benda yang familiar untuk Anda

Ketika Anda melihat berbagai objek yang sudah familiar bagi Anda seperti foto keluarga, kalender, atau jam di meja, bagian otak kiri yang berfungsi untuk verbal akan dapat langsung mengenali dan langsung mengalihkan perhatian Anda kepada hal lain.
 
Namun jika Anda menyimpan objek tersebut secara terbalik, maka otak kanan Anda akan mulai bereaksi dengan mencoba mengingat bentuk, warna, dan hubungan antara gambar yang diletakkan terbalik tersebut.

5. Buat koneksi baru dengan indra penciuman Anda

Cobalah untuk menghirup aroma-aroma yang baru bagi Anda, misalnya aroma peppermint, jeruk, atau vanilla ketika Anda melakukan suatu aktivitas. Hal itu dapat meningkatkan kewaspadaan jalur saraf baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Simpan ekstrak aroma favorit Anda di dekat tempat tidur Anda selama seminggu. Buka dan tarik napas saat pertama kali bangun, dan sekali lagi saat Anda mandi dan berpakaian.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(FIR)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif