Alisa Ruby Bash, PsyD, LMFT mengatakan bahwa aktivitas berciuman melepaskan bahan kimia di otak. (Foto: Pexels.com)
Alisa Ruby Bash, PsyD, LMFT mengatakan bahwa aktivitas berciuman melepaskan bahan kimia di otak. (Foto: Pexels.com)

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Berciuman?

Rona romansa gaya psikologi
Kumara Anggita • 10 November 2019 16:43
Jakarta: Ciuman adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang bagi Anda suami dan istri. Tanpa disadari aktivitas santai ini ternyata cukup membakar banyak kalori.
 
Melansir dari Healthline, ciuman santai di sofa dapat membakar sekitar dua kalori per menit. Sementara kegiatan lain seperti melakukan beberapa tarian romantis sambil ciuman juga dapat meningkatkan pembakaran kalori Anda. Kalori yang terbakar pun di setiap orang juga beragam. Ini karena ada berbagai faktor yang terlibat antara lain:
 
- bobot
- usia
- jenis kelamin
- intensitas kegiatan

Ciuman

Ciuman santai baik untuk hubungan Anda, sekaligu rata-rata dapat membakar dua hingga tiga kalori per menit dengan ciuman sederhana. Dan 5 hingga 26 kalori per menit saat ciuman yang menggairahkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Make out adalah ciuman yang lebih membakar kalori mengingat jenis ciuman ini kemungkinan lebih aktif daripada beberapa ciuman biasa. Make out dalam sumber yang sama disebutkan dapat membakar kalori hingga 150 kalori dalam 30 menit atau sekitar 5 kalori per menit.
 
Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Saat Berciuman?
(Melansir dari Healthline, ciuman santai di sofa dapat membakar sekitar dua kalori per menit. Sementara kegiatan lain seperti melakukan beberapa tarian romantis sambil ciuman juga dapat meningkatkan pembakaran kalori Anda. Foto: Pexels.com)

Ciuman sambil menari romantis

Ketika Anda mengubah posisi berbaring ke berdiri, Anda secara otomatis meningkatkan pembakaran kalori. Jadi, jika Anda ingin meningkatkan pembakaran kalori, ajak pasangan Anda dan lakukan tarian romantis sambil menambahkan ciuman. Kalori yang terbakar sekitar 205 kalori dalam 30 menit. Ini setara dengan sekitar enam kalori per menit.

Manfaat berciuman

Berciuman adalah hal yang menyehatkan. Alisa Ruby Bash, PsyD, LMFT mengatakan bahwa aktivitas ini melepaskan bahan kimia di otak Anda (oksitosin, dopamin, dan serotonin). Ini dapat membuat Anda merasa gembira. Tak hanya itu, ciuman juga mampu mengurangi kortisol, atau dikenal sebagai hormon stres. Jadi mencium istri atau suami Anda bisa ikut mengurangi rasa stres Anda.
 
Pelepasan oksitosin juga membantu Anda menjalin ikatan dengan pasangan, yang menurut Bash sangat penting dalam hubungan jangka panjang agar kedekatan satu sama lain bisa terjaga.
 
Untuk membuat ciuman lebih aktif dan lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda, Bash memberikan tips berikut:
1. Pasangan dapat menjadikan ciuman lebih aktif dengan menggunakannya sebagai hadiah untuk mendorong satu sama lain untuk berolahraga.
2. Pasangan bisa lebih banyak berciuman saat berhubungan seks untuk meningkatkan gairah dan energi yang mereka berikan. Masukkan ciuman ke dalam aktivitas apa pun yang Anda dan pasangan sukai. Jelajahi kreativitas Anda, dan ingat betapa pentingnya menjadikan ciuman sebagai prioritas bagi hubungan pasutri Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif