Jurnal Kesehatan Lingkungan 2013 menemukan hanya 5 persen peserta yang mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi. (Foto: Jennifer Murray/Pexels)
Jurnal Kesehatan Lingkungan 2013 menemukan hanya 5 persen peserta yang mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi. (Foto: Jennifer Murray/Pexels)

5 Kesalahan Umum saat Mencuci Tangan

Rona cuci tangan tips kesehatan
Anda Nurlaila • 20 Agustus 2019 09:40
Berulang kali kita melakukan ini, tapi apakah cara kita mencuci tangan sudah benar? Faktanya dalam studi jurnal Kesehatan Lingkungan yang dilakukan pada 2013, mengatakan kalau hanya 5 persen peserta yang mencuci tangan dengan benar. Malahan, 23 persen tidak menggunakan sabun, sementara 10 persennya tidak mencuci tangan sama sekali setelah menggunakan kamar mandi.
 
Jakarta: Semua orang merasa keterampilan mencuci tangan telah dikuasai sejak usia kanak-kanak. Namun, sebuah studi menyebut hanya sedikit orang yang mencuci tangan secara benar.
 
Sebuah studi Jurnal Kesehatan Lingkungan 2013 menemukan hanya 5 persen peserta yang mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi. Sebanyak 23 persen tidak menggunakan sabun, dan 10 persen lainnya bahkan tidak mencuci tangan sama sekali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seperti dimuat dalam Health, mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik mencegah penyebaran kuman, terutama selama musim dingin dan flu. Perhatikan lima kesalahan saat membersihkan tangan.

1. Sering tidak cuci tangan

Tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi berarti membiarkan kumat dan bakteri dari gagang pintu, flusher toilet, dan permukaan lainnya ada di tangan. Selanjutnya, Anda akan menyebarkan kuman tersebut ke apa pun yang Anda sentuh.
 
Jika terkena permukaan mukosa, seperti mata, mulut, dan alat kelamin yang lebih rentan, kuman dapat masuk. Rata-rata orang menyentuh wajahnya 16 kali dalam satu jam, kata seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona Charles Gerba.
 
Cuci tangan disarankan sebelum makan, menyiapkan makanan, setelah membuang sampah atau membersihkan sampah kucing.

2. Tidak memakai sabun

Sabun lebih dari sekadar membuat tangan Anda wangi. Permukaan bakteri dan virus sebagian terbuat dari bahan berlemak dan bahan dalam sabun menciptakan reaksi kimia yang meluluhkan kuman sehingga lebih mudah dibilas.
 
Formula berbasis alkohol membunuh lebih banyak kuman lebih cepat daripada sabun dan air. Tapi, produk antibakteri dengan bahan triclosan tidak terbukti lebih baik daripada sabun biasa atau berbahan alkohol.
 
5 Kesalahan Umum saat Mencuci Tangan
 
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sabun antikuman dapat menyebabkan resistensi antibiotik dan memengaruhi hormon dalam penelitian pada hewan. Sabun cair lebih efektif daripada sabun batang karena sabung batang cenderung berkontaminasi. Dalam kondisi darurat, pembersih tangan dengan 60 persen alkohol dapat membantu membersihkan tangan yang tidak terlalu kotor.

3. Tidak menggosok cukup lama

Sabun tidak akan membantu jika segera dibilas. Menggosok tangan setidaknya dilakukan 20-30 detik atau dua kali menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun.
 
Gosok kedua telapak tangan, punggung tangan, dan di antara jari-jari Anda dengan menempatkan dan menggososk jari-jari yang terjalin, serta ibu jari. Kuku penting mendapat perhatian karena banyak bakteri dan virus terperangkap di sana. Cara membersihkannya adalah menggosok ujung jari tangan kanan di telapak kiri dan sebaliknya.

4. Menggunakan pengering tangan terlalu cepat

Penelitian menunjukkan lebih baik mengeringkan tangan dengan kertas tisu. Banyak orang tidak menggunakan pengering tangan cukup lama untuk mengeringkan tangan mereka sepenuhnya. Waktu yang dianjurkan mengeringkan tangan di mesin 30-45 detik.

5. Menyentuh benda berkuman setelah mencuci tangan

Setelah mencuci tangan hindari memegang tempat kotor bahkan sebelum keluar dari kamar mandi. Gunakan tisu untuk mematikan air dan tisu berbeda untuk mengeringkan tangan. Gunakan tisu lain untuk membuka pintu toilet.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif