Sebelum melakukan tindakan operasi katarak, terdapat beberapa pemeriksaan yang harus dijalani. Hal ini dilakukan untuk memastikan pasien dalam kondisi prima. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Sebelum melakukan tindakan operasi katarak, terdapat beberapa pemeriksaan yang harus dijalani. Hal ini dilakukan untuk memastikan pasien dalam kondisi prima. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Adakah Batasan-batasan dalam Melakukan Operasi Katarak?

Rona katarak kesehatan mata
Raka Lestari • 12 Maret 2019 18:01
Tidak ada batasan usia untuk melakukan operasi katarak. Anak kecil hingga dewasa serta ibu hamil bisa melakukan operasi katarak. Dr. Iwan Soebijantoro, SpM, Direktur Utama JEC Medika Indonesia mengatakan operasi katarak tidak mengganggu janin, karena tidak ada obat bius yang masuk ke dalam darah. Atau bisa juga dengan melakukan anastesi loka sehingga aman bagi ibu hamil.
 

 
Jakarta:
Salah satu gangguan penglihatan yang cukup banyak diderita oleh masyarakat adalah katarak baik di Indonesia ataupun dunia. Penggabungan antara kemampuan dokter yang mumpuni dan kecanggihan teknologi saat ini membuat penderita katarak tidak perlu lagi merasa takut untuk melakukan operasi katarak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun sebelum melakukan tindakan operasi katarak, terdapat beberapa pemeriksaan yang harus dijalani.
 
Hal ini dilakukan untuk memastikan pasien dalam kondisi prima. Sebagai contoh, untuk pasien dengan gula darah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu. Pasien dengan kondisi tekanan darah tinggi sebaiknya menunggu hingga tekanan darah normal.
 
Sedangkan untuk batasan usia seseorang untuk melakukan operasi katarak tidak ada batasan usia. Baik tua maupun muda bisa melakukan operasi katarak.
 
"Batasan umur untuk operasi katarak sendiri tidak ada," ujar Kepala Klinik Utama Mata JEC Bekasi, dr. Nashrul Ihsan, SpM, dalam acara peresmian Klinik Utama Mata JEC Bekasi, Selasa, 12 Maret 2019.
 
"Justru pasien dengan usia lanjut biasanya kataraknya lebih tebal, sehingga lebih perlu untuk operasi katarak. Meskipun sudah memasuki usia lanjut tetap sehat dan tetap jelas penglihatannya (setelah melakukan operasi katarak)."
 
Adakah Batasan-batasan dalam Melakukan Operasi Katarak?
(Dr. Iwan Soebijantoro, SpM, Direktur Utama JEC Medika Indonesia mengatakan operasi katarak tidak mengganggu janin, karena tidak ada obat bius yang masuk ke dalam darah. Atau bisa juga dengan melakukan anastesi loka sehingga aman bagi ibu hamil. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Penyebab dan Cara Menghindari Katarak)
 
Selain tidak ada batasan usia, operasi katarak juga aman bagi ibu hamil.  "Jika ingin melakukan operasi katarak sebenarnya tidak ada masalah, terutama jika menggunakan obat bius yang diteteskan langsung ke mata sehingga tidak perlu disuntik."
 
"Itu tidak mengganggu janin karena tidak ada obat bius yang masuk ke dalam darah. Atau bisa juga dengan melakukan anastesi lokal sehingga aman bagi ibu hamil," ujar dr. Iwan Soebijantoro, SpM, Direktur Utama JEC Medika Indonesia.
 
"Untuk ibu hamil tergantung operasinya, jadi kalau operasinya bisa ditunggu tentu tidak akan ada masalah tapi kalau operasinya emergency mau tidak mau harus dilakukan. Jika kelainannya terdapat pada retina, mau tidak mau harus dioperasi tapi kan sebelum operasi sudah ada persiapan," tambah dr. Nashrul.
 
Pemeriksaan kondisi mata sebelum operasi dilakukan untuk memastikan kondis mata Anda dalam keadaan sehat diantaranya adalah refraksi mata, kornea, retina, dan tekanan bola mata.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif