Sebenarnya ada cara mudah untuk menurunkan berat badan. Semuanya berkaitan dengan pola tidur dan gaya hidup Anda soal gadget. (Foto: Pexels.com)
Sebenarnya ada cara mudah untuk menurunkan berat badan. Semuanya berkaitan dengan pola tidur dan gaya hidup Anda soal gadget. (Foto: Pexels.com)

Kurangi Penggunaan Gadget Saat Malam Pengaruhi Berat Badan?

Rona kesehatan
Gervin Nathaniel Purba • 16 April 2019 06:00
Bila merasa belum mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan, sebaiknya segera mengevaluasi kebiasaan Anda pada malam hari. Salah satunya adalah dengan cara mengurangi penggunaan gadget di malam hari menjelang tidur. Menggunakan ponsel atau gadget di tempat tidur akan berpengaruh terhadap kualitas dan durasi tidur dan memicu kenaikan berat badan.
 

 
Jakarta:
Berat badan naik bisa menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Untuk menurunkannya, tak sedikit orang melakukan perjuangan yang ekstra keras. Misalnya, tidak makan nasi selama seminggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mungkin ada orang yang cocok dengan cara seperti itu. Bagi yang tidak cocok, orang tersebut bisa saja langsung jatuh sakit. Setelah itu, pola makan kembali berantakan.
 
Sebenarnya ada cara mudah untuk menurunkan berat badan. Semuanya berkaitan dengan pola tidur dan gaya hidup Anda soal gadget. Iya, dilansir dari Livestrong, ternyata berat badan dan gaya Anda ber-gadget bisa berhubungan. Berikut ini keterangannya:

1. Tidur

Kurang tidur mengacaukan hormon yang bertanggung jawab atas stres, tingkat metabolisme, rasa lapar, dan rasa kenyang. 

2. Mengurangi penggunaan gadget

Mengurangi penggunaan gadget sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Para peneliti menemukan bahwa dua jam terpapar layar pada malam hari mengurangi kadar melatonin hingga 23 persen.
 
Melatonin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membuat tubuh terjaga. Jika hormon ini berkurang dapat menyebabkan gangguan tidur, meningkatkan risiko obesitas, dan diabetes.
 
Kurangi Penggunaan <i>Gadget</i> Saat Malam Pengaruhi Berat Badan?
(Menggunakan ponsel atau gadget di tempat tidur akan berpengaruh terhadap kualitas dan durasi tidur dan memicu kenaikan berat badan. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet)

3. Yoga

Selain mengurangi penggunaan gadget, Anda juga perlu berolahraga. Studi menyebutkan yoga meningkatkan kualitas tidur, mengurangi depresi, dan status kesehatan. Yoga juga ampuh untuk menurunkan berat badan.

4. Makan malam lebih cepat

Makan malam lebih awal dengan porsi yang kecil merupakan cara yang efektif untuk menghindari penambahan berat badan.
 
Makan karbohidrat dan gula dalam porsi besar dapat meningkatkan lemak yang lebih besar lantaran insulin kurang efisien bekerja di malam hari. Makan malam yang baik antara jam enam dan jam tujuh.

5. Makanan ringan berprotein tinggi

Jika ingin ngemil pada malam hari, ngemil makanan ringan di bawah 150 kalori tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Hal ini justru baik untuk pertumbuhan otot dan kesehatan kardiometabolik.
 
Sebaiknya camilan Anda juga merupakan camilan yang sehat seperti salad dengan sedikit protein seperti daging ayam suwir untuk menambah protein selain serat.

6. Hindari Alkohol

Terlalu sering meminum minuman alkohol dapat menyebabkan perut buncit. Mengurangi alkohol juga membantu menjaga kualitas tidur. Beberapa cara tersebut bisa Anda lakukan selain mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif